Predicting Growth Rate of Students’ Achievement in Mathematics Using Mathematical Growth Model
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1319Abstrak
Makalah ini memprediksi tingkat perkembangan prestasi siswa dalam matematika menggunakan model pertumbuhan matematis. Penelitian ini menggunakan developmental survey design Data diperoleh dari hasil prestasi siswa WAEC matematika dari 1991-2016 yang melalui Divisi Pengembangan, Dewan Ujian Afrika Barat (WAEC) Lagos, Nigeria. Model matematika pertumbuhan logistik digunakan untuk menghitung prediksi tingkat pertumbuhan pencapaian. Paket Statistik untuk Ilmu Sosial (SPSS) juga digunakan untuk memplot grafik data pencapaian dari tahun 1991 hingga 2016. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan yang diprediksi dari prestasi siswa dalam matematika meningkat sekitar 25,3% per tahun. Hal ini menunjukkan tren peningkatan yang lemah dalam memprediksi tingkat pencapaian pada tingkat kredit dan akibatnya menunjukkan keberlanjutan yang tidak stabil dalam pencapaian matematika serta pertumbuhan ekonomi. Disarankan antara lain bahwa harus ada investigasi terhadap faktor-faktor yang bertanggung jawab atas pertumbuhan prestasi yang lemah dan tidak stabil dalam matematika umum WAEC di Nigeria. Juga, pengajaran dan pembelajaran matematika yang efektif di semua tingkat sekolah harus dipastikan oleh semua pihak yang terkait untuk mempertahankan pertumbuhan prestasi dalam mata pelajaran.
Unduhan
Referensi
Ahiakwo, M. J. (2006). Science, Science Education and Scientific Literacy. Inaugural Professional Lecture Series No. 17, 4.
Anaduaka, U & Okafor, C (2013). Poor performance of Nigerian students in mathematics in senior secondary certificate examination (SSCE): What is not working? JORIND 11(2), 1-5.
Banks, R (1994). Growth and diffusion phenomena: Mathematical frameworks and applications. Springer, Berlin.
Bossaert, G; S. Doumen; E. Buyse & Verschueren, K (2011). Predicting students' academic achievement after the transition to first grade: A two-year longitudinal study. Journal of Applied Developmental Psychology. 32, 47–57.
Ma, X., & Klinger, D. A. (2000). Hierarchical linear modeling of student and school effects on academic achievement. Canadian Journal of Education, 25, 41-55.
Murname, R.J., Willett, J. B., & Levy, F (1995). The growing importance of cognitive skills in wage determination. Review of Economics and Statistics, 78, 251-266.
National Mathematics Advisory Panel (NMAP). (2008). Foundations for success: The final report of the National Mathematics Advisory Panel. Washington, DC, U.S. Department of Education.
WAEC Chief Examiners Report (2001-2010). West African Examination Council WAEC Report for Mathematics, Chemistry and Physics. Yaba: Lagos, Nigeria.
Wilkins, J. L., & Ma, X. (2002). Predicting student growth in mathematical content knowledge. The Journal of Educational Research, 95, 288-298.
Useni, P.F., Okolo, P.N. & Yakubu, R.M. (2012). Causes and remedy to secondary school student’s poor performance in mathematics in Awe L.G.A, Nasarawa State, Nigeria. ABACUS, Journal of the Mathematical Association of Nigeria, 37(1), 142-150.
Yeung, R. (2015). Athletics, athletic leadership, and academic achievement. Education and Urban Society, 47(3), 361-387.
Zalmon, G & Wonu, N (2017). Comparative analysis of student mathematics achievement in West African senior secondary certificate examination in Nigeria. European Journal of Research and Reflection in Educational Sciences. 5(1), 24-31.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.