Reduction of Learning Obstacle through Design Didactic Concept of Geometry Transformation
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1901Abstrak
The aim of this research is to an alternative design of learning design of geometry transformation concepts. This research was conducted at SMK Wahidin Kota Cirebon class XI AP 1 to 35 students. The method used in this research is qualitative method with observation, interviews, and documentary studies as tools for collecting the data. This research is Didactical Design Research. The result of this research is a didactic design alternatives that can be used in learning mathematics for vocational high school (SMK) in the concept of geometry transformation.Unduhan
Referensi
Aisah, L. S., & Yulianti, K. (2016). Desain didaktis konsep luas permukaan dan volume prisma dalam pembelajaran matematika smp, 1(1), 14–22.
Alwi dkk, H. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Keti, p. 385). Jakarta: Balai Pustaka.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis di Sekolah Menengah. Mathematics Learning, 6(1), 13–24.
Haqq, A. A., Nasihah, D., Muchyidin, A., Matematika, T., Syekh, I., & Cirebon, N. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran pada Madrasah Tsanawiyah, 7(1).
Kiranti, G. A., Rusnayati, H., & Siahaan, P. (2018). Profil Hambatan Belajar Epistimologis Siswa Pada Materi Fluida Statis Kelas XI SMA Berbasis Analisis Tes Kemampuan Respoden, 3(2), 19–24.
Mulyani, E. (2017). Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Trapesium pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama, 1(2), 79–87.
Paradesa, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geometri Transformasi. Pendidikan Matematika, 2(1), 56–84.
Sukardjo, & Komarudin, M. (2010). Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Press.
Suryadi, D. (2010a). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian dari Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik. Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, 1–16.
Suryadi, D. (2010b). Penelitian Pembelajaran Matematika Untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yogyakarta, (November), 1–14.
Tiurma, L., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan Pembelajaran Multimedia Materi Dimensi Tiga Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika di SMA. Kependidikan Fisika UNY, 44(2), 175–187.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.