Meningkatkan Representasi Matematis Siswa SMA dengan Editor Mathematic Equation Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2051Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji keefektifan media pembelajaran Editor Mathematic Equation Berbasis Android terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis baik secara keseluruhan maupun ditinjau dari kemampuan awal matematik siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Kuningan. dengan teknik purposive sampling diambil dua kelas sebagai sampel. Hasil analisis data menunjukkan rataan kemampuan awal representasi matematis siswa pada kelompok eksperimen sama dengan rataan kemampuan awal siswa pada kelompok kontrol dengan nilai signifikansi sebesar 0,935. Namun setelah perlakuan, terdapat perbedaan skor rata-rata kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu sebesar 1,63 dan uji F 5,115 dengan sig 0,027, penolakan untuk H0 yang artinya kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana rataan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,632 dan kelas kontrol sebesar 0,56.
Unduhan
Referensi
Akasi, A., Marcella., dan Perdana, I., M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Edumatica. Vol. 05, No. 02, hh. 48-54.
Chambers, P (2008). Teaching Mathematics: Developing As A Self Active Secondary Teacher. Thousand Oaks, Clifornia: SAOE Publication Inc.
Guler, G., Sen, C., Ay, Z. S., & Ciltas, A. (2019). Engineering Skills that Emerge During Model-Eliciting Activities (MEAs) Based on 3d Modeling Done with Mathematics Pre-Service Teachers. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. Volume 7, Number 3, pp .251-270.
Holla. S., & Katti, M.M. (2012). Android Based Mobile Application Development and Its Security. International Journal of Computer Trends and Technology. Vol.3, Issue3- 2012. pp. 486-490.
Lambertus, Bey, A., Anggo, M., Fahinu, Sudia M., & Kadir. (2014). Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Research. Vol. 2 No. 10. pp.601-614.
Lestari, E. K. dan Yudhanegara, R. M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lu’mu. (2017). Learning Media Of Applications Design Based Android Mobile Smartphone. International Journal of Applied Engineering Research. Volume 12, Number 17 pp. 6576-6585.
Martono, K. T., & Nurhayati, O.D. (2014). Implementation Of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning Media. IJCSI International Journal of Computer Science Issues, Vol. 11, Issue 3, No 1, pp. 168-174.
Mukherjee, S., Prakash, J., & Kumar, D. (2015). Android Application Development & Its Security. International Journal of Computer Science and Mobile Computing, Vol. 4, Issue. 3, pp.714 – 719
Nuraeni, Z. & Retnawati, H. (2016). The Post-Certification Performance of Mathematics Teachers. The Online Journal of New Horizons in Education. Volume 6, Issue 2. pp. 130-142.
Nuraeni, Z. (2016). Self-Assessment of Teachers of Mathematics Vocational High School in Yogyakarta city on the Performance Post-Certification. International Conference on Educational Research and Evaluation (ICERE). pp.200-205.
Ross, J. A., & Bruce, C.D. (2009). Student Achievement Effects of Technology-Supported Remediation Of Understanding Of Fractions. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. Vol. 40, No. 6, pp. 713–727
Royer, J.M (Ed). (2003). Mathematical Cognition, Greenwich. Connecticut: Age Publishing Inc
Rusman (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sabirin, M. (2014). ‘Representasi dalam Pembelajaran Matematika’. JPM IAIN Antasari. Vol. 01, No. 02, hh. 33-44.
Triana, M., Zubainur, C. M., & Bahrun. (2019). Students' Mathematical Communication Ability through the Brain-Based Learning Approach using Autograph. Journal of Research and Advances in Mathematics Education. Vol. 4, No. 1, pp. 1-10.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.