Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lembar kerja
peserta didik matematika berorientasi higher order thinking skills di
sekolah dasar, untuk mengetahui kelayakan LKPD matematika
berorientasi HOTS, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap
LKPD matematika berorientasi HOTS, dan untuk mengetahui
pemahaman siswa kelas V sekolah dasar setelah menggunakan LKPD
matematika berorientasi HOTS. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa SDN Joglo 09 Pagi tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah
28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket,
tes pemahaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh
skor dengan persentase dari ahli sebesar 85,6%, presentase dari angket
respon guru sebesar 100%, persentase dari angket respon siswa sebesar
96,03%, dan rata-rata hasil tes pemahaman siswa sebesar 91,25. Hasil
penelitian ini menujukkan bahwa lembar kerja peserta didik
matematika berorientasi higher order thinking skills di sekolah dasar
dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi
skala.
Unduhan
Referensi
Anisah, Sri Lastuti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. KREANO: Jurnal Kreatif Inovatif. 9(2): 196.
Dinni, Nur Husna. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2): 183-184.
Jamaludin Ujang & Reza Rachmatullah. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV: Nurani.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maryamah Ida, Nurul Anriani, Maman Faturrohman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP. SJME: (Supremum Journal of Mathematics Education). 3(1): 68.
Muslimin, Sunardi, Shaumi. (2019). Pengaruh Media Kartu terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01): 15.
Nugroho, R. Arifin. (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Purwono, Urip. (2008). Standar Penilaian Buku Pelajaran. http://telaga.cs.ui.ac.id/.
Rahmi Ayu, Yusruzal, Ilham Maulana. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 11 Banda Aceh. JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 02(02): 13.
Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rokhmawati Anggun, Indhira Asih, V, Y, Aan Subhan Pamungkas. (2019). Pengambangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME: (Supremum Journal of Mathematics Education). 3(2): 86.
Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teti, Ghullam Hamdu. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Berdasarkan Takstonomi Bloom di sekolah Dasar. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3): 45-58.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta :PT. Prestasi Pustaka.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widodo, Slamet. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2): 190.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.