Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan bahan ajar
berbantuan macromedia flash yang praktis pada mata kuliah analisis
data statistika berbasis IT. Pengembangan bahan ajar berbantuan
macromedia flash pada penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4-D yang dimodifikasi menjadi lebih sederhana yaitu
terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap pendefinisian, tahap
perencanaan dan tahap pengembangan untuk tahap penyebaran tidak
dilakukan di dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada
mahasiswa semester enam Pendidikan Matematika Universitas Islam
Riau Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian dilakukan pada mata kuliah
analisis data statistika berbasis IT. Instrumen Pengumpulan data pada
penelitian ini adalah mengunakan lembar angket respon mahasiswa
terhadap bahan ajar berbantuan macromedia flash pada maat kuliah
analisis data statistik berbasis IT. Teknik analisis data yang
dipergunakan di dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang
mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran matematika.
Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah hasil respon
mahasiswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti Hasil
penelitian dari lembar penilaian angket respon mahasiswa diperoleh
nilai rata-rata total kepraktisan bahan ajar berbantuan macromedia
flash sebesar 93,557% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan
analisis data di atas maka kesimpulan penelitian pengembangan ini
telah menghasilkan bahan ajar berbantuan macromedia flash pada
mata kuliah analisis data statistik berbasis IT yang praktis.
Unduhan
Referensi
Asrawati, N., & Mulyati. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal on Pedagogical Mathematics, 1(1), 26–34.
Fahmi, S., & Marsigit. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Kontekstual dan Keefektifannya terhadap Sikap Siswa pada Matematika. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 90–98.
Maharani, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Operasi Bilangan Real SMK Teknologi 7 Rekayasa. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1).
Mardapi. (2008). Teknik Penyususnan Instrumen dan Notes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Masykur, R., & dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.
Putra, N. (2012). Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Gafindo Persada.
Putri, Z, S., & Rakhmawati, F. (2018). Pengaruh Multimedia Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi Kelas VII di MTs Al-Ulum Medan T.P 2016/2017. AXIOM, VII(1).
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rokhmawati, A., & dkk. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 85–94.
Setiani, A., & dkk. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 26–31.
Setyawan, A., & Wahyuni, P. (2019). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Multimedia Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. JPPM, 12(1).
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Peranadamedia Group.
Sudjana, & Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sulistyani, & Retnawati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2).
Yahya, R., & dkk. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Bercirikan Mini-Project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78–91.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.