Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.3949Abstrak
Multimedia memberikan sarana yang tepat bagi siswa untuk dapat mengungkapkan ide matematika dalam bentuk grafik, tabel, gambar dengan menggunakan animasi yang menarik dan interaktif. Kemampuan mengekspresikan ide matematika merupakan salah satu indikator representasi. Dengan demikian, pemanfaatan multimedia siswa untuk mendapatkan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan rata-rata kemampuan representasi siswa setelah pembelajaran diterapkan dengan menggunakan multimedia. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 3 Kuningan, sampel diambil berdasarkan teknik purposive kemudian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen 37 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Pengolahan data berupa posttest kelompok eksperimen dan kontrol dengan menggunakan uji independent sample t-test. hasil sig.2 tailed diperoleh 0,00 <α dengan α = 0,05. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan multimedia dalam pembelajaran matematika dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Unduhan
Referensi
Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. JURNAL E-DuMath, 2(1).
Bahtiar, M. A., & Puadi, E. F. W. (2018). Book of mathematic education (bom-e): perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 4(2), 1–9.
Casnan, C., Mahpudin, A., & Fuadi, E. F. W. (2017). PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF “GEOCACHING” SEBAGAI INOVASI BARU PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Edusentris, 4(2), 99–105.
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60.
Luitel, B. C. (2002). Representation of Mathematics Learning: A Short Discourse. Annual Meeting of Western Australia Science Education Association, Canning College, Perth.
Muhamad, N. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10(1), 9–22.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics (Vol. 1). National Council of Teachers of.
Pape, S. J., & Tchoshanov, M. A. (2001). The role of representation (s) in developing mathematical understanding. Theory into Practice, 40(2), 118–127.
Rosyid, A., & Umbara, U. (2019). Analysis of students’ attitudes towards implementation of geogebra-assisted missouri mathematics project. Journal of Physics: Conference Series, 1265, 12009. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1265/1/012009
Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. In Bandung: Tarsito.
Rusmana, I. M. (2015). Efektivitas Penggunaan Media ICT Dalam Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(3).
Sabirin, M. (2014). Representasi dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UIN Antasari, 1(2), 33–44.
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan macromedia flash untuk siswa kelas vii smp. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62–72.
Saputra, W., & Purnama, B. E. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif untuk mata kuliah organisasi komputer. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(2).
Sari, P. C., Eriani, N. D., Audina, T., & Setiawan, W. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP. Journal on Education, 1(3), 411–416.
Setiawan, A. (2007). Dasar-dasar Multimedia Interaktif (MMI). Bandung: SPs UPI Banding.
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69.
Suparno, P. (2001). Teori perkembangan kognitif jean piaget. Kanisius.
Umbara, U. (2015). Efektivitas pembelajaran realistic mathematic education (RME) terhadap kemampuan representasi matematis siswa. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 1(1), 1--No.
Umbara, U., & Nuraeni, Z. (2019). IMPLEMENTATION OF REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BASED ON ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 TO IMPROVE MATHEMATICAL LITERACY. Infinity Journal, 8(2).
Umbara, U., & Suryadi, D. (2019). Re-Interpretation of Mathematical Literacy Based on the Teacher’s Perspective. International Journal of Instruction, 12(4).
Yuwono, M. R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Segitiga dan Alternatif Pemecahannya. Magistra, 28(95).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.