Pengembangan Modul Matematika Untuk Penyandang Disabilitas (Tuna Netra)
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4416Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan modul matematika untuk penyandang disabilitas (tunanetra) materi garis, persegi, dan segitiga; dan (2) Mengetahui kualitas modul matematika untuk penyandang disabilitas (tunanetra) berdasarkan penilaian validator dan uji coba terbatas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan. Subjek penelitian ini adalah pihak-pihak yang terlibat selama proses uji coba produk yaitu para validator modul matematika dan peserta didik penyandang disabilitas (tunanetra) yang menggunakan modul matematika ini. Analisis data dalam penelitian yang akan dilakukan meliputi analisis data pengembangan modul dan kualitas modul berdasarkan penilaian validator dan uji coba terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan modul meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk (hanya sampai uji coba terbatas). (2) Setelah melalui beberapa kali revisi ketiga validator menyatakan modul layak untuk digunakan, skor rata-rata adalah 181.67 dengan skor maksimal adalah 215. Serta berdasarkan uji coba terbatas menyatakan bahwa modul layak untuk digunakan.
Unduhan
Referensi
Klingenberg, C. P. (2008). Morphological Integration and Developmental Modularity. Annual Review of Ecology, Evolution, and Systematics, 39(1), 115 – 132
Kohanová, I. (2006). Teaching Mathematics To Non-Sighted Students: With Specialization In Solid Geometry. Doctoral thesis: Bratislava
Kohanova, I. (2013). Technologies And Tools In Teaching Mathematics To Isually Impaired Students. Artikel diambil dari Faculty of Mathematics, Physics and Informatics, Comenius University Bratislava, Slovakia.
Mayang Faulina, Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Audio Untuk Siswa Tunanetra Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. ISSN: 2407-7496 670. 670 – 675
Muthmainnah, Rahmi Nurul. (2015). Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 1 No.1.
Nakata, H. (2003). Educational Cooperation Bases System Construction Project, Implementation Report, Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED), University of Tsukuba, Japan.
Nila Kurniasih, Erni Puji Astuti, Heru Kurniawan. (2016). Pengembangan Puzzegi (Puzzle Segi Empat) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tuna Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978-602-6122-20-9. Hal 57 – 66
Rouzier, S., Hennion, B., Segovia, T. P., & Chene, D. (2004). Touching Geometry for Visually Impaired Pupils. In D. Chene (Ed.), Proceedings of EuriHaptics (pp. 104–109)
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutjihati Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Rafika Aditama.
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 32
UNESCO. (2015). Teaching Children with Disabilities in Inclusive Settings. Paris.
Zhenta Muca. (2014). Issues Concerning The Education And Integration Of Blind Students In Albania. Journal of International Scientific Publications. (12), 615 – 631
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2021-03-19 (2)
- 2021-01-29 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.