Profil Pemahaman Holistik Mahasiswa Pengajaran Mikro Kelas B tentang Pembelajaran Matematika Berbasis HOTS
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4523Abstrak
Keterampilian berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan keterampilan penting yang diperlukan dalam pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa tentang pembelajaran matematika berbasis HOTS secara holistik. Pemahaman yang dimaksud meliputi wawasan tentang pembelajaran matematika berbasis HOTS baik pemahaman umum maupun desain pembelajaran matematika berbasis HOTS dan pemahaman tentang soal berbasis HOTS (wawasan dan kemampuan menyelesaikan soal). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek 16 mahasiswa perkuliahan Pengajaran Mikro kelas B. Data diambil dari angket konteks dan angket profil HOTS, hasil observasi praktek pembelajaran, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu teknik kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mempunyai pemahaman yang baik tentang pembelajaran matematika berbasis HOTS. HOTS dipahami sebagai keterampilan yang membutuhkan berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah level analisis, evaluasi, dan kreasi. Aktivitas pembelajaran berbasis HOTS mayoritas ditunjukkan dengan pemberian soal HOTS. Mahasiswa memiliki pemahaman yang baik tentang soal HOTS namun tidak demikian dalam menyusun dan menyelesaikan soal. Kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal level HOTS masih perlu ditingkatkan.
Unduhan
Referensi
Anderson, L.W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessment: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman
Dinni, H.N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php./prisma/ 170-176
Dosinaeng, WBN., Leton, SI, Kalapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS.JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 3, (2). http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197
Fisher, R. (2010). Thinking Skill: Learning to Teach in The Primary School (2nd ed). New York: NY Rouutledge
Handini, E. O., Asnimar &, Laihat (2020). Analisis Pemahaman Guru SD Negeri Kelas Vi Di Kota Palembang Tentang Penilaian Berbasis Hots Dalam Pembelajaran. Undergraduate thesis, Sriwijaya University. https://repository.unsri.ac.id/28873/
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. (P. Latifah, Penyunt.) Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Zainal, A. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thinking Skills. (H. Retnawati, Penyunt.) Yogyakarta: UNY PRESS.
King, FJ., Goodson, L., Rohani, F.. (2009). High Order Thinking Skills. A Publication of the educational Service Program. Center for the Advancement of Learning and Assessment. http://www.cala.fsu.edu/files/higher_order_thinking_skills.pdf .Diakses pada 14 Juni 2020.
Krulik, S. & Rednick, J.A. (1999). Innovative Task to Improve Critical and Creative Thinking Skill. Reston, Virginia: NCTM
Kuntarto, E., dkk. (2019). Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran Berbasis High Order of Thinking Skills. Jurnal Kiprah 7 (2): 107-116. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/kiprah/
Mairing, J.P., Syahran, S., Pancarita,, & Suparman. (2018). Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Riset Inovatif (SENARI Ke-6). Diambil dari https://lppm.undiksha.ac.id/senari2018/
Nugroho, R. A. (2019). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Konsep, Pembelajaran, Penilaian dan Soal-soal. Jakarta: Kompas Gramedia.
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus.
https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf Diakses pada 30 Oktober 2019
OECD. (2016). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From
PISA 2015. https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf Diakses pada 25 Oktober 2019
OECD. (2019). PISA 2018 Results. Paris : OECD Publishing.
https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf Diakses pada 1 Mei 2020
P21. (2007). The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills. https://issuu.com/bmackenz/docs/21_century__framework
Pratama & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Texbook. J. Phys.: Conf. Ser.1097 012147
Rapih, S. & Sutaryadi. (2018). Perpektif Guru Sekolah Dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, Penerapan dan Hambatan. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78-87. http://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
Saputra, H. (2016). Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skills). Bandung: SMILE’s Publishing.
Saido, G.A.M et al. (2015). Malaysian Online Journal of Education Management 3, 16-30
Widana, I.W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud
Wulandari, E. (2019). Profil Kemampuan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Saintifik oleh Calon Guru Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(2), 30-37. http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2019.12.30-37
Yen, T. S., & Halili, S. H. (2015). Effective Teaching of Higher Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and e-Learning, 3, 41-47.
https://tojdel.net/journals/tojdel/articles/v03i02/v03i02-04.pdf
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.