Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewa

Penulis

  • Yayan Eryk Setiawan Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan mahasiswa semester pertama dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap 5 mahasiswa semester pertama program studi pendidikan matematika yang mengalami kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Instrumen penelitian ini terdiri dari satu soal tentang nilai fungsi trigonometri sudut istimewa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari hasil pekerjaan dan transkrip hasil wawancara dengan subjek. Analisis data hasil pekerjaan dilakukan dengan menglasifikasikan kesalahan subjek. Sedangkan transkrip hasil wawancara dianalisis dengan pengkodean untuk mengetahui penyebab kesalahan yang dilakukan oleh subjek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kesalahan dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa, yaitu kesalahan prinsip dan kesalahan fakta. Kesalahan prinsip adalah kesalahan dalam menggunakan cara untuk menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa yang disebabkan lupa dan kurang teliti dalam menggunakan cara untuk menyelesaikan soal. Kesalahan fakta adalah kesalahan dalam memahami informasi dalam soal yang disebabkan terburu-buru dalam menyelesaikan soal. Peneliti merekomendasikan kepada guru atau dosen untuk meminta siswa atau mahasiswa lebih teliti dan tidak terburu-buru dalam menentukan nilai fungsi trigonometri sudut istimewa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abidin, Z. (2012). Analisis Kesalahan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN AR-Raniry dalam Mata Kuliah Trigonometri dan Kalkulus 1. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(1), 183–196.

Ball, D. L. (1993). With an Eye on the Mathematical Horizon : Dilemmas of Teaching Elementary School Mathematics. The Elementary School Journal, 93(4), 373–397.

Ball, D. L., & Friel, S. N. (1991). Implementing the “professional standards for teaching mathematics”: What’s all this talk about “discourse”? The Arithmetic Teacher, 39(3), 44–48. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/41195113

Downing, D. (2009). Dictionary of Mathematics Terms. Barron’s Educational Series, Inc. (Third Edit). New York: Barron’s Educational Series, Inc. https://doi.org/10.2307/3614426

Imelda. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Aljabar dan Trigonometri. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 49–56.

Jaelani, A. (2017). Kesalahan jawaban tes trigonometri mahasiswa pendidikan matematika semester pertama. Journal of Mathematics Education, 3(2), 1–13.

Kalyuga, S. (2009). Cognitive load factors in instructional design for advanced learners. New York: Nova Science Publishers, Inc.

Lial, M. L., Hornsby, J., Schneider, D. I., & Daniels, C. J. (2016). Trigonometry (Eleventh). New York: Pearson.

Nabie, M. J., Akayuure, P., Ibrahim-Bariham, U. A., & Sofo, S. (2018). Trigonometric concepts: Pre-service teachers’ perceptions and knowledge. Journal on Mathematics Education, 9(2), 169–182. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5261.169-182

Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.80

Setiawan, Y. E. (2020b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(2), 180–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3386

Setiawan, Y. E. (2020c). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menilai Kebenaran Suatu Pernyataan. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 13–31. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.14495

Setiawan, Y. E. (2020d). Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 371–382. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.751

Setiawan, Y. E. (2020e). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Rekrutmen Guru Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(2), 259–272. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/barekengvol14iss2pp259-272

Setiawan, Y. E. (2020f). The Thinking Process of Students Using Trial and Error Strategies in Generalizing Linear Patterns. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/numerical.v4i1.839

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020a). Kepraktisan Model Pembelajaran IDEA (Issue, Discussion, Establish, and Apply) dalam Pembelajaran Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776–788. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2917

Setiawan, Y. E., & Mustangin. (2020b). Validitas Model Pembelajaran IDEA ( Issue, Discussion, Establish, and Apply) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1432

Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Strategy of Linear Patterns From Field-Dependent Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(1), 77–94. https://doi.org/http://doi.org/10.22342/jme.11.1.9134.77-94

Setiawan, Y. E., & Syaifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148–153. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-29

Cara Mengutip

Setiawan, Y. E. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Semester Pertama dalam Menentukan Nilai Fungsi Trigonometri Sudut Istimewa. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4531

Terbitan

Bagian

Artikel