Analisis Pembelajaran Mandiri Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Tadris Matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4592Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran mandiri secara daring pada masa pandemi covid-19 di prodi tadris matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek pada penelitian ini berjumlah 200 mahasiswa dengan kriteria mahasiswa tadris matematika semester I, III, V tahun ajaran 2020/2021 yang perkuliahannya dilakukan secara daring. Adapun instrumen utama penelitian adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa angket dan lembar pedoman wawancara. Angket dan lembar pedoman wawancara ini dibuat sesuai indikator kemandirian belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa telah melakukan pembelajaran mandiri, hal ini terlihat pada aspek mahasiswa telah memiliki kepercayaan diri, inisiatif (kreatif), kemauan sendiri, dan menghargai waktu dalam mengikuti pembelajaran daring. Namun dari hasil penelitian terlihat juga bahwa mahasiswa masih membutuhkan support baik berupa penguatan terhadap apa yang diperoleh dan kesempatan untuk mandiri dalam hal memahami dan menyelesaikan tugas perkuliahan selama pembelajaran daring.
Unduhan
Referensi
Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing Quality E-Learning Environments for Emergency Remote Teaching in Coronavirus Crisis. Interdiscip J Virtual Learn Med Sci, 11(2), 1–3.
Babari, Y. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2018). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th Edition. Pearson.
Espasa, A., Guasch, T., Mayordomo, R. M., Martínez-Melo, M., & Carless, D. (2018). A Dialogic Feedback Index measuring key aspects of feedback processes in online learning environments. Higher Education Research and Development, 37(3), 499–513. https://doi.org/10.1080/07294360.2018.1430125
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Psikologi Perkembangan. Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Hodges, C. B. (2020). View the full-text article online : March.
Hughes, Margaret; Hagie, C. (2005). The Positive and Challenging Aspects of Learning Online and in Traditional Face-to-Face Classrooms: A Student Perspective. Journal of Special Education Technology; Norman, 20(2), 52–59.
Martin, F., Stamper, B., & Flowers, C. (2020). Examining student perception of readiness for online learning: Importance and confidence. Online Learning Journal, 24(2), 38–58. https://doi.org/10.24059/olj.v24i2.2053
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rahman, H. (2000). Interactive Multimedia Technologies for Distance Education in Developing Countries - Introduction, Background, Main focus, Future trends, Conclusion. Http://Encyclopedia.Jrank.Org/Articles/Pages/6637/Interactive-Multimedia-Technologies-ForDistance-Education-in-Developing-Countries.Html.
Tirtarahardja, U., & Sulo., S. L. La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Tuovinen, J. E. (2000). Multimedia distance education interactions. International Journal of Phytoremediation, 21(1), 16–24. https://doi.org/10.1080/095239800361473
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.