Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.5155Abstrak
Pembelajaran jarak jauh menyisakan beberapa problem bagi para pendidik, termasuk guru matematika. Sehingga muncul berbagai berbagai macam faktor yang menjadi kendala pada pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan faktor-faktor penyebab dan cara mengatasinya serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 6 Hulu Sungai Selatan pada masa pandemic Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan uji statistik yaitu uji dua mean untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang siswa kelas IX MTs Negeri 6 HSS tahun pembelajaran 2019/2020, terdiri dari dua perempuan dan dua laki-laki yang tergolong siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hasil yang diperoleh yaitu faktor yang menjadi kendala pada pembelajaran jarak jauh meliputi pelaksanaan pembelajaran hanya memanfaatkan media WhatsApp Group, fasilitas dan sarana prasarana penunjang PJJ berupa Handphone dan jaringan internet yang sering mengalami gangguan, kurangnya perhatian orang tua/wali murid pada saat siswa mengikuti PJJ, subjek merasa jenuh ketika belajar online, dan subjek mengalami kesulitan dalam memahami materi. Oleh karenanya subjek memerlukan bimbingan langsung dari guru ataupun orang tua/wali murid. Selain itu juga, guru dapat menggunakan media lain berupa video pembelajaran interaktif. Sehingga siswa lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, dengan begitu akan berdampak juga pada prestasi belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Abidah, A., Hidayatullah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar”. Studies in Philosopy of Science and Education 1(1)
Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis Formatif. JIP MIPA 6(1) 12-22
Basilaia, G. & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research 5(4)
Boa, W. (2020). COVID-19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. https://doi.org/10.1002/hbe2.191
Ferismayanti. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Artikel Online. Diakses pada 18 Maret 2021. http://lpmplampung.kemdikbud.go.id/po-content/uploads/Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Siswa_pada_Pembelajaran_Online_Akibat_Pandemi_COVID-19.pdf
Goldschmidt, K. & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic: Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing
Gunawan, Suranti, N M Y, & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teaxhers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education 1(2).
Hiebert, J., Morris, A. K., Berk, D., & Jansen, A. (2007). Preparing Teachers to Learn from Teaching. Journal of Teacher Education, 58(1).
Miles, Huberman & Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. Los Angeles: SAGE Publications.
Milman, N. B. (2015). Distance Education IESBS: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4
Moleong, L. J. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Owusu-Fordjour, C., Koomson, C. K., & Hanson, D. (2020). The Impact of Covid-19 on Learning - The Perspective of The Ghanaian Student. European Journal of Education Studies 7(3).
Patria, L., & Yulianto, K. (2011). Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri. Repository UT, 1(1)
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).
Riyani, Y. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa (studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
World Health Organization. (2020). Clinical Management of Severe Acute Respiratory Infection when Novel Coronavirus (nCoV) Infection Is Suspected: Interim Guidance. https://www.who.int/docs/default-source/coronavirusw/clinicaal-management-of-novel-cov.pdf
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Yazid, M. & Ernawati, A. (2020). Hasil Belajar Siswa di MI NM Pancor Kopong pada Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmial Kependidikan, 1(2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.