PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK WRITE-PAIR-SQUAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 BANGKINANG

Penulis

  • Arcat Arcat Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.547

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Write Pair Square (WPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kampar tepatnya di Bangkinan Barat, Riau. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengundi semua kelas populasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik WPS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMAN 2 Bangkinang Barat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi KTSP. BSNP: Jakarta

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas: Jakarta.

Dimyati. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional: Surabaya.

Jacobs, G.M., dkk. (1997). Cooperative Learning. Seameo Regional Lenguaage Centre: Singapore.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar-Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Ibrahim, M. & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.

Irianti, M., dkk. (2009). Panduan Penulisan RPP dan LKS. Cendikia Insani: Pekanbaru.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo: Jakarta.

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mulyatningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. CV. Alfabeta: Bandung.

Muslich, M. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara: Jakarta.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta.

______. (2003). Evaluasi Pendidika, Bumi Aksara: Jakarta.

Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning Theory Reseach and Practise. Ally and Bacon: Boston.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.

Suwondo. (2008). Panduan Penulisan Karya Ilmiah Jurusan PMIPA. CV. Witra Irzani: Pekanbaru.

Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.Dikti Depdikbud: Yogyakarta.

Tim., Pemantapan Kemampuan Profesional, Universitas Terbuka: Jakarta.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Surabaya.

Wardhani., dkk. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-03

Cara Mengutip

Arcat, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK WRITE-PAIR-SQUAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 BANGKINANG. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1), 1–6. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.547

Terbitan

Bagian

Artikel