PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK WRITE-PAIR-SQUAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 2 BANGKINANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.547Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Write Pair Square (WPS) terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kampar tepatnya di Bangkinan Barat, Riau. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan desain penelitian Two-Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan mengundi semua kelas populasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik WPS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMAN 2 Bangkinang Barat.Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Jakarta.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Standar Isi KTSP. BSNP: Jakarta
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Depdiknas: Jakarta.
Dimyati. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah, S.B. (1994). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Usaha Nasional: Surabaya.
Jacobs, G.M., dkk. (1997). Cooperative Learning. Seameo Regional Lenguaage Centre: Singapore.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar-Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Ibrahim, M. & Nur, M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Universitas Negeri Surabaya: Surabaya.
Irianti, M., dkk. (2009). Panduan Penulisan RPP dan LKS. Cendikia Insani: Pekanbaru.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo: Jakarta.
Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mulyatningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. CV. Alfabeta: Bandung.
Muslich, M. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara: Jakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta: Jakarta.
______. (2003). Evaluasi Pendidika, Bumi Aksara: Jakarta.
Slavin, R.E. (1995). Cooperative Learning Theory Reseach and Practise. Ally and Bacon: Boston.
Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Suwondo. (2008). Panduan Penulisan Karya Ilmiah Jurusan PMIPA. CV. Witra Irzani: Pekanbaru.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.
Suyanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.Dikti Depdikbud: Yogyakarta.
Tim., Pemantapan Kemampuan Profesional, Universitas Terbuka: Jakarta.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher: Surabaya.
Wardhani., dkk. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Universitas Terbuka: Jakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2017 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.