MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DEFINISI LIMIT BAGI MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.549Abstrak
Pemahaman konsep definisi limit perlu dimiliki oleh mahasiswa yang menempuh matakuliah Kalkulus. Pemahaman konsep mahasiwa yang rendah dapat menyebabkan hasil belajar mahasiswa juga rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian dilakukan di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa Matematika semester IV. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas pada matakuliah Kalkulus Peubah Banyak. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa.Unduhan
Referensi
Arnika, D., & Kusrini. (2014). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan metode kumon pada materi persamaan lingkaran di SMAN 1 Krian. Mathedunesa, 1(3), 1-6. Diperoleh dari http://ejournal.unesa.ac.id/article/9904/30/article.pdf.
Buyukkoroglu, T., Cetin, N., Deniz, A., Duzce, S. A., Maher, N., et al. (2014). The effect of computers on teaching the limit concept. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 7, 1-12.
Andriani, S. (2012). Pengembangan bahan ajar praktikum kalkulus melalui program maple untuk meningkatkan penalaran dan representasi mahasiswa. Atikan, 2(2), 295-312.
Duru, A. (2011). Pre-service teachers perception about the concept of limit. Educational Sciences: Theory & Practice, 11(3), 1710-1715
Elistina. (2014). Penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) berbantuan gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa di kelas V SDN 5 basi kecamatan Basidondo Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 148- 159.
Gultom, S. (2003). Pengembangan kurikulum kalkulus 1 di jurusan matematika FMIPA universitas negeri Medan. Journal pendidikan sians, 27(3), 20-29.
Hidayati, A. N. (2012). Efektivitas model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar matematika materi pokok himpunan peserta didik kelas VII semester II smp islam miftahul huda kabupaten Jepara tahun ajaran 2011 - 2012. (Skripsi, IAIN Walisongo, 2015). Diperoleh dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/951
Juter, K. (2007). Student’s conceptions of limits: high achievers versus low achievers. TMME, 4(1), 53-65.
Magliaro, S. G., Lockee, B. B., Burton, J. K. (2005). Direct instruction revisited: A key model for instructional technology. Educational Technology Research and Development 53(4), 41-56.
Noeruddin, A. (2014). Implementasi model pembelejaran kooperatif tipe stad disertai pemberian umpan balik berbasis contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah kalkulus peubah banyak ikip pgri Bojonegoro. Media Prestasi: Jurnal Ilmiah Stkip Pgri Ngawi, 13(1), 31- 41.
Pusfandari, A. D. A. (2014). Penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN Ngagel rejo III/398 Surabaya. JPGSD, 2(2), 1-7.
Tashdiqy, R. H. (2015). Peningkatan pemahaman konsep belajar matematika melalui model pembelajaran direct instruction (DI) untuk siswa kelas XI smk muhammadiyah kota Pekalongan (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2015). Diperoleh dari http://eprints.ums.ac.id/32947/19/09%20NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2016 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.