REFLEKSI TERHADAP META-ISU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MATEMATIKA DENGAN TUGAS PROYEK
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.553Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas pembelajaran dan refleksi mahasiswa terhadap meta-isu dalam matakuliah Sejarah Matematika dengan tugas proyek di Program Studi Matematika Unipdu Jombang. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester ke-3 Tahun Akademik 2014/2015 yang sedang mengikuti matakuliah sejarah matematika di Program Studi Matematika Unipdu Jombang. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Aktivitas dalam pembelajaran Sejarah Matematika dengan tugas proyek pada mahasiswa Program Studi S1 Matematika Unipdu Jombang yaitu meliputi mengkaji literatur, menulis hasil kajian literatur dan mempresentasikannya, memilih topik proyek, menghasilkan produk, dan mempresentasikan produk. Hambatan pada pembelajaran yaitu kurang optimalnya aktivitas mengkaji literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan refleksi terhadap meta-isu, tingkat interdisipliner mahasiswa yaitu pada crossdisciplinarity merujuk pada taksonomi Jantsch.Unduhan
Referensi
Dubey, M. & Singh, B. (2013). Assessing the Effect of Implementing Mathematics History with Algebra. International Journal of Scientific and Research Publications, 3 (8)
Golding, C. (2009). Integrating the Disciplines: Successful Interdisciplinary, (Online), (http://melbourne-cshe.unimelb.edu.au/__data/assets/pdf_file/0007/1761190/Interdisc_Guide.pdf), diakses 10 Agustus 2016)
Rogers, L. & Grugnetti, L. (2002). Philosophical, Multicultural and Interdisciplinary Issues. Dalam Fauvel, J. & Maenen, J. V. (Eds.). History in Mathematics Education: The ICMI Study. New York: Kluwer Academic Publishers.
Jankvist, U.T. (2009). A Categorization of the “whys” and “hows” of Using History in Mathematics Education. Educational Studies in Mathematics, 71:235–261.
Jankvist, U.T. (2010). An Empirical Study of Using History as a ‘Goal”. Educational Studies in Mathematics, 74: 53–74.
Jankvist, U.T. (2011a). Anchoring Students’ Metaperspective Discussion of History in Mathematics. Journal for Research in Mathematics Education, 42 (4): 346-385.
Jankvist, U.T. (2011b). The Construct of Anchoring: An Idea for ‘Measuring’ Interdisciplinarity in Teaching. Philosophy of Mathematics Education Journal, 26: 1-10.
Jantsch, E. (1972). Inter- and Transdisciplinary University: A Systems Approach to Education and Innovation. Higher Education, 1(1), 7?37.
NCTM. (1999). Mathematics Assessment: a Practical Handbook. Reston, Va.: NCTM
Panusuk, R.M. & Horton, L. B. (2012). Integrating History of Mathematics into Curriculum: What are the Chances and Constrain?. International Electronic Journal of Mathematics Education, 7(1): 3-19.
Rathburn, M.K. (2015). Building Connections Through Contextualized Learning in an Undergraduate Course on Scientific and Mathematical Literacy. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 9(1): Artikel 11.
Siu, M-K & Tzanakis. (2004). History of Mathematics in Classroom Teaching ? Appetizer? Main Course? Or Dessert?. Mediterranean Journal for Research in Mathematics Education, 3(1-2): v-xi.
Siu, M-K. (2006). "No, I Don't Use History of Mathematics in My Class. Why?". Dalam Furinghetti, S. Kaijser, & C. Tzanakis (Eds.), Proceedings of HPM2004 & ESU4, ed. F. Furinghetti dkk., Uppsala Universitet, 268-277.
Siu, M-K. (2012). "Zhi yi xing nan (knowing is easy and doing is difficult)" or vice versa? ? A Chinese mathematician’s observation on HPM (History and Pedagogy of Mathematics) activities. Dalam Sriraman, B. dkk.(Eds.), The First Sourcebook on Asian Research in Mathematics Education.
Sriraman, B., Michelsen, C., Beckmann, A., Viktor, F. (2008). Interdisciplinarity in Mathematics, Science And Arts: State Of The Art. Dalam Proceedings of the 2nd International Symposium on Mathematics and its Connections to the Arts and Sciences (MACAS2), Odense. Denmark: Centre for Science and Mathematics Education, University of Southern Denmark.
Valeryevna, S. L. (2015). The Interdisciplinary Integration of the Mathematical and Economic Disciplines within the Modern Economic Education. Mediterranean Journal of Social Science, 6(5): 122-127.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2016 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.