Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Matematika Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5786Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada pembelajaran matematika berdasarkan tipe kepribadian peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta didik SMP Tunas Teladan Palembang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan tipe kepribadian peserta didik. Analisis data pada penelitian adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa: (1) peserta didik dengan tipe kepribadian ekstrovert mampu memenuhi indikator pemecahan masalah pada tahap memahami masalah, menyusun rencana dan menyelesaikan masalah, tetapi belum memenuhi indikator pada tahap memeriksa kembali (2) peserta didik dengan tipe kepribadian introvert mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah pada tahap memahami masalah, menyusun rencana, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali.
Unduhan
Referensi
Agustina, R. (2014). Penyelesaian Masalah Matematika Pada Tipe Kepribadian Phlegmatis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(1), 51.
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 122.
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Haryani, D. (2011). Pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.
Ilmiyana, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1-8.
Maramis, W. F. (2005). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.
Putra, I. S., & Aryani, L. N. (2015). Hubungan antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Kejadian Stres pada Ko-Asisten Angkatan Tahun 2011 Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. E-Jurnal Medika Udayana.
Rahayu, T. (2019). Analisis Gaya Belajar Dilihat dari Tipe Kepribadian Peserta didik pada Pembelajaran Matematika Kelas VII MTs Subulussalam Sriwangi. Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Sari, S. W. (2012). Pengaruh model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar fisika pada siswa SMP swasta di kecamatan Medan Area. Jurnal Tabularasa, 9(1), 33-44.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58-67.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. (2004). Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Waluyo, A. (2013). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Planted Question Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sd Negeri Iii Teloyo Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.