Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP

Penulis

  • Indah Rohmatullah UIN Raden Fatah Palembang
  • Muhammad Win Afgani UIN Raden Fatah Palembang
  • Harisman Nizar UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5789

Abstrak

Tujuan riset ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android pada materi lingkaran yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari angket, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan : (1) Media pembelajaran yang tergolong valid berdasarkan komentar dan saran validator, (2) Media pembelajaran yang tergolong praktis berdasarkan hasil komentar dan saran siswa pada angket dan wawancara.

Unduhan

Referensi

Bahrin, Mohd Aiman Kamarul et al. (2016). Industry 4.0: A Review On Industrial Automation And Robotic, Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) UTM 78, 6(13), 137–143.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer Science & Business Media.

Emilya, D., Darmawijoyo., & Ilma. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 8-18.

Hidayatullah, P., Akbar, M., & Rahim, Z. (2011). Animasi Pendidikan Menggunakan Flash. Bandung: Informatika.

Purnama,S., & Asto B, I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Software Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Kelas X Tei 1 Di Smk Negeri 2 Probolinggo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 275–279.

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality dalam Plomp, T; Nieveen, N., ustafson, K., Branch, R. M., & van den Akker, J (eds). Design approaches and tools in education and training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nizar, H., Somakim, & Yusuf, M. (2016). Pengembangan LKS De ngan Model; Discovery Learning pada Materi Irisan Dua Lingkaran. Jurnal Elemen, 2(2), 161-178.

Nurrita, Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Misykat, 3(1)171-187.

Nuryadi.(2019). Pengembangan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. JIPM, 7(2).114-123.

Siregar, N.R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah x Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, Semarang.

Sugiman. (2013). Pengembangan Laboratorium Pendidikan Matematika Virtual:Adaptive E-

Learning dan Cognitive Load Theory. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sutarsih & Nurdin. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Administrasi Pendidikan Bandung.

Yuliardi, R., & Lutfi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EduMa Journal, 7(2). 81-87.

Zulkarnain, I., & Djamilah, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Rohmatullah, I. ., Afgani, M. W. ., & Nizar, H. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Lingkaran Kelas VIII SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 191–201. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5789