Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5796Abstrak
Untuk mendeskripsikan profil kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Alkhairaat Palu di masa Pandemi Covid–19 merupakan tujuan penelitian ini. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian. Skala kemandirian belajar diberikan kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Alkhairaat Palu semester III tahun ajaran 2020–2021 sebagai instrumen penelitian. Selanjutnya dipilih 3 mahasiswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah sebagai subjek dalam penelitian. Data dikumpulkan melalui kuisioner dan wawancara. Tahapan analisis data yang dilakukan mengacu pada model Miles & Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil temuan menggambarkan tentang sembilan indikator kemandirian belajar mahasiswa pada setiap tingkatan kemampuan akademik (tinggi, sedang, dan rendah). Dari temuan ini diperoleh hasil bahwa 1) kemandirian belajar mahasiswa pendidikan matematika di masa pandemi Covid-19 berbeda-beda untuk setiap tingkatan kemampuan akademiknya, 2) mahasiswa dengan kemampuan akademik yang tinggi memenuhi semua indikator kemandirian belajar dengan sangat baik, (3) mahasiswa dengan kemampuan akademik yang sedang memenuhi sebagian besar indikator kemandirian belajar dengan sangat baik, dan (4) mahasiswa dengan kemampuan akademik yang rendah memenuhi beberapa indikator kemandirian belajar dengan sangat baik.
Unduhan
Referensi
Agustina, L. Y., Sobari, T., & Yuliani, W. (2019). Profil Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Pakenjeng. FOKUS: Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 2(4), 138-146. Retrieved fromhttps://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5945
Alfatihah, M. (2016). Hubungan antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. At-Tarbawi, 1(2), 197-208. https://dx.doi.org/10.22515/attarbawi.v1i2.200
Firman. (2020). Dampak Covid–19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743
Hadi, S., & Farida, F. (2012). Pengaruh Minat Kemandirian dan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 5 Ungaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7(1), 8-13. https://doi.org/10.15294/dp.v7i1.4913
Hamka, D. & Vilmala, B.K. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended Learning Melalui Aplikasi Google Classroom Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. JeITS: Journal of Education Informatic Technology and Science, 1(2), 145-154.
Hidayat, W. & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-14. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v2i1.94
Makur, A. P., Jehadus, E., Fedi, S., Jelatu, S., Murni, V., & Raga, P. (2021). Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Masa Pandemi. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika,10(1), 1-12. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.862
Maksum, A. & Lestari, I. (2020). Analisis Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Parameter: Jurnal Pendidikan, 32(1), 75-86. https://doi.org/10.21009/parameter.321.05
Nursaptini, Syazali, M., Sobri, M., Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa dan Analisis Faktor yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua dan Kepercayaan Diri. JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 85-94. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. MOSHARAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Zulyanty, M., Mardia, A., Sunarto, & Murtadlo, A. (2021). Analisis Pembelajaran Mandiri Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Tadris Matematika UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 5(2), 122-131. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4592
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.