Flipbook Ekspansi Kofaktor Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif

Penulis

  • Deti Ahmatika Universitas Islam Nusantara
  • Yayu Laila Sulastri Universitas Islam Nusantara
  • Tami Rizkya Amalia Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5805

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui validitas desain pembelajaran dan validitas flipbook ekspansi kofaktor dengan model plomp terkait kemampuan berpikir kreatif, serta mengetahui implementasi desain pembelajaran Ekspansi Kofaktor dengan Model Plomp terkait kemampuan berpikir kreatif berbantuan aplikasi flipbook. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu design based research menurut Plomp. Sumber data dalam penelitian ini adalah validator desain pembelajaran, aplikasi, dan kelompok kecil. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu lembar validasi desain dan aplikasi, test kemampuan berpikir kreatif dan angket respon mahasiswa. Pada penelitian ini yang dikembangkan adalah desain pembelajaran dengan berbantuan aplikasi flipbook. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan presentase yang diinterpretasi sesuai kualifikasinya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan desain pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, flipbook yang dikembangkan sangat valid, implementasi keterkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tuntas, dan respon mahasiswa memenuhi kriteria positif. Disaran dilakukan penelitian lanjutan untuk implementasi skala besar, atau kemampuan matematis lainnya.

Unduhan

Referensi

Ihsan, I.R & Kosasih, U. (2018). Penelitian Pendahuluan Mengenai Desain Pembelajaran Terkait Berpikir Kombinatorial. Minatku.

Ihsan, I. R., & Karjanto, N. (2019). Optimizing students’ combinatorial-thinking skill through design-based research. 1–7. DIakses pada tanggal 15 April 2021, pada http://arxiv.org/abs/1911.07655

Plomp, T dan N. Nieveen. 2013. Educational Design Research. Enshede: Netherlands InstituteFor Curriculum Development (SLO).

Retnosari, Dwi ; Wathani, R. . ; A. (2017). Sistem Informasi E-Learning untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Madrasah Aliyah. Info Teknik, 18, 192.

Rohmah, L. (2011). Konsep E-Learning dan Aplikasinya pada Lembaga Dosenan Islam. An Nur, 1(1), 16. Diakses pada tanggal 22 Februari 2021, pada https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2099

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-25

Cara Mengutip

Ahmatika, D., Sulastri, Y. L. ., & Amalia, T. R. . (2022). Flipbook Ekspansi Kofaktor Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 181–190. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5805