Flipbook Ekspansi Kofaktor Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5805Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui validitas desain pembelajaran dan validitas flipbook ekspansi kofaktor dengan model plomp terkait kemampuan berpikir kreatif, serta mengetahui implementasi desain pembelajaran Ekspansi Kofaktor dengan Model Plomp terkait kemampuan berpikir kreatif berbantuan aplikasi flipbook. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu design based research menurut Plomp. Sumber data dalam penelitian ini adalah validator desain pembelajaran, aplikasi, dan kelompok kecil. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu lembar validasi desain dan aplikasi, test kemampuan berpikir kreatif dan angket respon mahasiswa. Pada penelitian ini yang dikembangkan adalah desain pembelajaran dengan berbantuan aplikasi flipbook. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan presentase yang diinterpretasi sesuai kualifikasinya. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan desain pembelajaran yang dikembangkan sangat valid, flipbook yang dikembangkan sangat valid, implementasi keterkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tuntas, dan respon mahasiswa memenuhi kriteria positif. Disaran dilakukan penelitian lanjutan untuk implementasi skala besar, atau kemampuan matematis lainnya.
Unduhan
Referensi
Ihsan, I.R & Kosasih, U. (2018). Penelitian Pendahuluan Mengenai Desain Pembelajaran Terkait Berpikir Kombinatorial. Minatku.
Ihsan, I. R., & Karjanto, N. (2019). Optimizing students’ combinatorial-thinking skill through design-based research. 1–7. DIakses pada tanggal 15 April 2021, pada http://arxiv.org/abs/1911.07655
Plomp, T dan N. Nieveen. 2013. Educational Design Research. Enshede: Netherlands InstituteFor Curriculum Development (SLO).
Retnosari, Dwi ; Wathani, R. . ; A. (2017). Sistem Informasi E-Learning untuk Pengembangan Media Pembelajaran pada Madrasah Aliyah. Info Teknik, 18, 192.
Rohmah, L. (2011). Konsep E-Learning dan Aplikasinya pada Lembaga Dosenan Islam. An Nur, 1(1), 16. Diakses pada tanggal 22 Februari 2021, pada https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2099
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.