Pengembangan E-Modul Pengenalan Data Statistika Menggunakan Konteks Budaya Melayu Lelang Tembak
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7749Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan materi e-modul statistika menggunakan konteks budaya melayu lelang tembak yang valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan memecahkan masalah siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 50 Palembang. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan validasi angket, angket kepraktisan, dan tes. Data kevalidan didapatkan dengan melakukan validasi terhadap e-modul oleh 2 orang validator, dan data kepraktisan didapatkan melalui angket kepraktisan yang diberikan kepada siswa. Sedangkan efek potensial dilihat berdasarkan evaluasi melalui soal tes kemampuan memecahkan masalah. Hasil penelitian menunjukkan capaian nilai kevalidan sebesar 0,77 dengan kategori validitas sedang, proporsi kepraktisan sebesar 83,52% dengan kategori sangat praktis dan nilai efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai nilai ketuntasan sebesar 88% dengan kategori “sangat tinggi”. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul materi statistika menggunakan konteks budaya melayu lelang tembak teruji valid dan praktis serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa.
Unduhan
Referensi
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2(1), 62–65 https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal pada materi aritmatika sosial. 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78
Arifin, S., Zulkardi, Z., Ratu Ilma Indra, P., & Hartono, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Memahami, Merencana, dan Menyelesaikan Masalah. Jurnal Gantang, 6(1), 29–38. https://doi.org/10.31629/jg.v6i1.3050
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2), 71–90. https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Dahlan, A. H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Untuk Meningkatkan Ketertarikan Belajar Matematika. JUPITEK: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 8–14. https://doi.org/10.30598/jupitekvol1iss1pp8-14
Efriani, A., Arifin, S., & Nery, R. S. (2022). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Guru Matematika di Masa Pandemi COVID 19. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 276. https://doi.org/10.30651/aks.v6i2.6141
Fauziyah, R. S., Matematika, P., Sultan, U., Tirtayasa, A., & Serang, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. 8(2), 253–264. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7747
Hasanah, N., Ajie, D. P., Sufiati, V., & Surakarta, H. (2021). Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Pos Paud Permata , Surakarta. 01(02), 17–27. https://doi.org/10.31316/jcc.v1i2.1277
Hati, P. C., & Kurniati, M. A. (2022). Makna Simbol Dalam Tradisi Lelang Tembak Analisis Semiotika Charles Sander Pierce Di Desa Seridalam Kabupaten Ogan Ilir the. 03, 59–74.
Jannah, M., Sugianto, & Sarwi. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter Melalui Inkuiri Terbimbing Materi Cahaya pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Innovative Science Education, 5(2), 152–162.
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen Dengan Media Storyboard Pada Siswa Kelas X Sma. DIGLOSIA : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.pp1-12
Mardhiyana, D., & ’Adna, S. F. (2019). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Melalui Pendekatan Pmri Berbasis Budaya Lokal Pekalongan Pada Mata Kuliah Statistika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(4), 205–211. Retrieved from http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/59
Masdi, H., & Pratama, A. R. (2022). Pengembangan E-Modul Edutainment-Sway Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 78. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.115884
Matsun, Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 7(1), 107–117. https://doi.org/10.31571/saintek.v7i1.774
Muslim, S. R. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 88–95. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.756
Nasution, H. N., Nasution, S. W. R., & Hidayat, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Matakuliah Aplikasi Komputer Guna Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 5(1), 8–15. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/363
Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2018). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran Pmri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40
Nuraida, I. (2017). Merancang Uji Coba Realistic Mathematics Education (RME). SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.35706/sjme.v1i2.746
Pradana, J., Khoirunnisa, F., & Yulita, I. (2020). Analisis kebutuhan siswa dan guru dalam pengembangan bahan ajar pada materi larutan asam basa di SMA Negeri 2 Tanjungpinang. Student Online Journal, 1(2), 495–499.
Prihantinia, S., & Melva, Z. (2020). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1511-1525), 4–19. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6149
Purba, D., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Ramadhan, M. A. (2022). Pengaruh Iptek Terhadap Pendidikan Di Dunia Pendidikan. Thesis Commons, 1–10. Retrieved from http://dx.doi.org/10.31237/osf.io/9tg3d
Rembulan, A., & Putra, R. wahyu yunian. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi Pada Materi Statistika Siswa Smp. Sereal Untuk, 51(1), 51.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Rosyidah, U., & Mustika, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Statistika Kelas IX. Journal of Mathematics Education, 2(1), 15–29. Retrieved from https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/linear/article/view/3204
Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146–154. https://doi.org/10.33654/math.v4i2.104
Sembiring, R. K. (2017). Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri): Perkembangan Dan Tantangannya Robert K Sembiring. IndoMS. J.M.E, 1(1), 11–16.
Sianipar, A. Z., Saprudin, S., & Zulhalim, Z. (2021). Pengembangan Modul Statistika Berbasis Qr Code Untuk Melatih High Order Thingking Skills (Hots) Mahasiswa. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(1), 271. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i1.337
Soebagyo, H. (2018). Peningkatan Peran Riset Iptek Dan Pendidikan Tinggi Untuk Merespon Revolusi Industri 4.0. Citaitb, 369–374. https://doi.org/10.5614/sniko.2018.41
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189–197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631
Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.22202/horizon.v1i3.5257
Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pada Pokok Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro Untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 157–160.
Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis CTL Sebagai Bagian Dari Pengembangan SOP. Jurnal Kontekstual, 1(02), 1–6.
Zahroh, H. (2017). Pengembangan Model Bahan Ajar Video Kreatif Terpimpin Edukatif (KTE) Untuk Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMP Mamba’unnur Bululawang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 3(1), 469. https://doi.org/10.22219/jinop.v3i1.4281
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.