Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Statistik Berdasarkan Gaya Belajar Honey-Mumford

Penulis

  • Fitriyah Nabila Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Hendro Permadi Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Sukoriyanto Sukoriyanto Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7757

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemapuan literasi matematis mahasiswa dalam menyelesaikan soal literasi statistik berdasarkan gara belajar Honey-Mumford. Soal literasi statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah soal bertipe AKM yang berkaitan berkaitan dengan materi statistika tentang ukuran pemusatan data. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah soal test, pedoman wawancara, dan lembar validasi intrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kemampuan mahasiswa dalam beberapa aspek yang menjadi kompetensi dalam literasi matematis. Mahasiswa bergaya belajar reflektif cenderung lebih detail dalam hal menggunakan simbol dan rumus matematis, mahasiswa bergaya belajar teoritis cenderung lebih teliti dalam memahami dan menerjemahkan maksud soal, sedangkan mahasiswa bergaya belajar pragmatis cenderung lebih suka menggunakan penalaran sederhana dengan penggunanaan simbol/rumus matematika yang minim.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fitriyah Nabila, Universitas Negeri Malang, Indonesia

 

 

Hendro Permadi, Universitas Negeri Malang, Indonesia

 

 

Sukoriyanto Sukoriyanto, Universitas Negeri Malang, Indonesia

 

 

Referensi

Abidin, Yunus, dkk. (2017). Pembelajaran Literasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Aljaberi, N. M. (2014). Pre-Service Elementary School Teachers’ Learning Styles and Their Ability to Solve Mathematical Problems According to Polya's Strategy. Journal of Education and Practice, 5(30), 150-162.

Anwar, N. T., Waluya, S.B., & Supriyadi. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Berdasarkan Self-Confidence Pada Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Proses Pemecahan Masalah DAPIC. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7 (2): 152-160.

Arikunto, Suharsimi. (1987). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahrul Hayat & Suhendra Yusuf. (2010). Mutu Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Budiono, C.S., Wardono. 2014. PBM Berorientasi PISA Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3): 209-219.

Bungin, Burhan. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surabaya: Rajawali Pers.

Creswell, J. (2012). Educational Research: Planning, Conductioning, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research 4th Edition. Boston: Pearson.

Edimuslim, E, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Journal of Mathematics Education. 5(2) : 95.

Damrongpanit, S. (2014). An Interaction of Learning and Teaching Styles Influencing Mathematics Achievements of Ninth-Grade Students: A Multilevel Approach. Academic Journal, 9(19), 771-779.

Duff, A. & Duffy, T. (2002). Psychometric Properties of Honey & Mumford’s Learning Styles Questionnaire (LSQ). Personality and Individual Differences, 33, 147–163.

Fatma, Maulida R.A. (2018). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender Peserta Didik Pada Pembelajaran PBL Berbantuan Asesmen Proyek. Semarang : UNS.

Honey, P., & Mumford, A. (1989). Learning Styles Questionnaire. Organization Design and Development, Incorporated.

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA-FMIPA UM.

Johar, Rahmah. (2012). Domain Soal PISA Untuk Literasi Matematika.

Kemendikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru Matematika SMP/MTs tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto. (2016). The Role Of Mathematical Representation and Disposition in Improving Students’ Mathematical Power. AdMathEdu, 6(1): 11-24.

Lexy J. Meleong. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Remaja Rosda Karya,

Mujulifah, Fithri. (2015). Literasi Matematis Siswa Dalam Menyederhanakan Ekspresi Aljabar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4.

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publisher

OECD. (2016). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. PISA. Paris : OECD Publisher.

OECD. (2019). PISA 2018 Results: Combined Executive Summaries. Volume I, II & III. PISA. Paris : OECD Publisher.

Ojose, Bobby. (2011). Mathematics Literacy: Are We Able to Put the Mathematics We Learn into Everyday Use.‖ Journal of Mathematics Education. 4, 1 : 89–100.

Paridjo dan Budi Waluya. (2017). Analysis Mathematical Communication Skill Students In The MatterAlgebra Based Nctm.

Pritchard, A. (2009). Ways Of Learning: Learning Theorist And Learning Styles In The Classroom 2nd Edition. New York: Routledge.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology 5th Edition. New York: McGraw Hill.

Sari, Rosalia Hera Novita. (2016). Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMA Di Daerah Istimewa, Yogyakarta : UNY.

Stori, Djaman. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swailes, S. & Senior, B. (1999). The Dimensionality of Honey and Mumford’s Learning Style Questionnaire. International Journal of Selection and Assessment, 7(1), 1-11.

Yustitia, Via. (2019). Literasi Matematika Mahasiswa dengan Gaya Belajar Visual. Journal of Mathematics Education. 9(1), 1-13.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Nabila, F., Permadi, H., & Sukoriyanto, S. (2023). Literasi Matematis Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Statistik Berdasarkan Gaya Belajar Honey-Mumford . SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 195–209. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7757