Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Ditinjau Dari Motivasi Belajar

Penulis

  • Rida Nopiana Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Nani Ratnaningsih Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7952

Abstrak

Soal cerita matematika sangat penting dipahami oleh siswa, karena soal cerita matematika berkaitan dengan kehidupan. Namun, masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda, dapat mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 18 siswa kelas XI IPS 3 MAN 5 Tasikmalaya dan dipilih 3 subjek dengan pemilihan secara purposive  dengan pertimbangan hasil skor angket dari masing-masing kategori dan banyaknya kesalahan. Hasil dari penelitian ini, subjek dengan kategori motivasi tinggi hanya melakukan 2 kesalahan hanya pada jenis kesalahan memahami (Comprehension Error), yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui dan tidak menuliskan apa yang ditanyakan dalam soal. Subjek dengan kategori motivasi sedang melakukan 5 kesalahan pada jenis kesalahan memahami (Comprehension Error), kesalahan keterampilan (Process Skill Error), dan kesalahan penulisan akhir (Enconding Error), yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan, tidak menuliskan permisalan, salah dalam melakukan perhitungan, dan salah dalam menuliskan kesimpulan akhir. Sedangkan pada subjek dengan kategori motivasi rendah melakukan 7 kesalahan pada semua jenis kesalahan, yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui, tidak menuliskan apa yang ditanyakan, tidak menuliskan permisalan, salah menyusun persamaan dari soal, tidak melanjutkan proses penyelesaian, salah dalam melakukan perhitungan, dan tidak menuliskan kesimpulan akhir. Untuk peneliti selanjutnya disarankan melakukan wawancara kepada subjek penelitian untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam

Unduhan

Biografi Penulis

Rida Nopiana, Universitas Siliwangi, Indonesia

 

 

Nani Ratnaningsih, Universitas Siliwangi, Indonesia

 

 

 

Referensi

Ainin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks dan Kaitannya dengan Motivasi Belajar Matematika Pada Kelas XI. Euclid, 7(2), 137. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3122

Baskorowati, H. (2021). Studi Kasus: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik Jawa Timur. MATHEdunesa, 9(3), 529–539. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p529-539

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar. Edupedia, 5(2), 145–154. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia/article/view/555/415

Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508

Febryana, E., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe HOTS Berdasarkan Teori Newman. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 15–27. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6586

Gustiani, D. D., & Puspitasari, N. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas VII di Desa Karangsari. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 435–444. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.1450

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-M5, 3(1), 42–57.

Latifah, S. S., & Luritawaty, I. P. (2020). Think Pair Share sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.641

Layn, R., & Kahar, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 03(02), 59–145.

Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707

Maisyaroh Agsya, F., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 31–44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Ratna Windianti Utami, Bakti Toni Endaryanto, T. D. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.

Riffyanti, L., & Setiawan, R. (2017). Analisis Strategi Langkah Mundur dan Bernalar Logis dalam Menentukan Bilangan dan Nilainya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 115. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.779

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495

Silvia, S., Supratman, & Madawistama, T. S. (2020). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Newman. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 02(02), 191–200.

Sunardiningsih, G. W., Hariyani, S., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Newman. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(2), 41–45. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i2.3447

Tionida, F., Dimpus, A., & Watulingas, R.J. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Berdasarkan Jenis Kesalahn Newman dan Scafolding. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Sains, Geografi dan Komputer 2020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Nopiana, R., & Ratnaningsih, N. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV Ditinjau Dari Motivasi Belajar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(2), 233–242. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.7952