Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.922Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal matematika open ended dalam konteks Bumi Rafflesia yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary, prototyping, assessment. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian berupa soal-soal open-eden berkonteks bumi Rafflesia yang terdiri dari 15 soal dalam bentuk uraian yang telah valid, praktis, dan memiliki efek potensial untuk mengembagkan kemampuan berpikir kreatif matematis.
Unduhan
Referensi
Mullis. I.V.S., Martin, O.M., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.
Kwon, O.N., Park, J.S., & Park, J.H. (2006). Cultivating Divergent Thinking in Mathematics through an Open-Ended Approach. Asia Pacific Education Review, 7(1), 51-61.
Anwar, M.N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.
Sahrir, M.S., Alis, N.A., Ismail, Z., & Osman, N.H. (2012). Employing Design and Development Research (DDR) Approaches in The Design and Development Of Online Arabic Vocabulary Learning Games Prototype. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(2), 109-119.
Siswono, T.Y.E. (2009). Konstruksi Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. (Online). Tersedia :https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper07_ jurnal_univadibuana.pdf. Diakses 27 Mei 2016.
Widjaja, W. (2013). The Use of Contextual Problems To Support Mathematical Learning. Indo-MS JME 2013, 4(2), 151-159.
Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education For Indonesian StudentTeacher. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente, Enschede. The Netherland. (Online). Tersedia: http://eprints.unsri.ac.id/615/1/thesis_Zulkardi.pdf. Diakses 7 Januari 2016.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.