Efektivitas LKPD Berbasis RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Ketuntasan Belajar
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v7i2.9314Abstrak
Penelitian ini merupakan lanjutan dari artikel Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri melalui Pendekatan RME (Meika et al., 2023). Sebelum bahan ajar yang telah dikembangkan tersebut digunakan, perlu diketahui terlebih dahulu efektivitas bahan ajar tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya uji coba pemakaian bahan ajar tersebut di suatu kelas untuk mengetahui efektivitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas LKPD berbasis RME terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari ketuntasan belajar. Metode yang digunakan adalah Design Based Research (DBR) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Stage dan Assessment. Artikel ini memuat hasil dari tahap assessment. Pada tahap assessment dilakukan tes akhir dan pengisian angket respon peserta didik untuk mengetahui efektivitas LKPD yang telah dikembangkan. Efektivitas LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar peserta didik. Hasil tes akhir menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas X IPA 1 yaitu 78 dengan peserta yang tidak tuntas KKM sebanyak tiga peserta didik. KKM Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Pusat Menes adalah 71. Persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan adalah 85,72%. Oleh karena itu, produk LKPD sudah efektif untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa rata-rata persentase keseluruhan aspek yang dinilai sebesar 77,87% dengan kategori “Baik”.
Unduhan
Referensi
Dinar, I. (2019). Penerapan Bahan Ajar Matematika Berbasis RME Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Siswa pada Materi Trigonometri. JURNALPEKA, 2(2), 49–55.
Kennedy-Clark, S. (2013). Research by Design: Design-Based Research and the Higher Degree Research Student. Journal of Learning Design, 6(2), 26–32.
Limbong, Y. A. C. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran dan LKPD Berbasis Geogebra pada Materi Trigonometri Kelas X SMA. Universitas Sanata Dharma.
Meika, I., Solikhah, E. F. F., & Yunitasari, I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7190
Meika, I., Suryadi, D., & Darhim, D. (2019). Analysis of students’ mathematical modelling ability in solving combination problems using local instruction theory teaching materials. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042082
Puspitasari, T., Syamsuri, & Santosa, C. A. H. F. (2021). Konstruksi Konsep Trigonometri Bagi Siswa Sma Berdasarkan Teori Apos. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(4), 178–195.
Rahman, M. H., Luthfiana, M., & Yanto, Y. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma Negeri 1 Lubuklinggau. In Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam STKIP-PGRI.
Riyadi, S., & Qamar, K. (2020). Efektivitas E-Modul Analisis Real Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 1(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v1i1.554
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80.
Schemme, D., & Novak, H. (2017). Gestaltungsorientierte Forschung - Basis für soziale Innovationen erprobte Ansätze im Zusammenwirken von Wissenschaft und Praxis.
Setiani, A., Kartiwi, A. P., & Wulandari, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.924
Sujana, A., Rosdianwinata, E., Henriyan, H., & Gadri, A. (2018). Makna Low Of Attraction : Mengungkap Rahasia Minat. Seminar Nasional, 01, 406–417.
Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.