Designing Number Pattern Questions to Assess Students with Kinesthetic Learning Styles' in Mathematical Thinking
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v8i1.9998Abstrak
Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan hasil mendesain soal pola bilangan yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik. Subjek penelitian terdiri dari 5 siswa kelas VIII dengan gaya belajar kinestetik. Jenis penelitian yaitu design research dengan 5 tahapan yaitu: Preliminary Design, Focus Group Discussion (FGD), Trial, Interview, dan Retrospective Analysis. Teknik pengumpulan datanya yaitu angket gaya belajar, tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif. Berdasarkan hasil FGD, soal pola bilangan sudah dapat digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir matematis, karena setiap pertanyaan menggiring siswa untuk memunculkan aspek specializing, generalizing, conjecturing, dan convincing. Berdasarkan hasil uji coba diketahui bahwa siswa dapat menuliskan bentuk specializing, generalizing, conjecturing, dan convincing. Specializing terlihat ketika siswa menuliskan bentuk penjumlahan bilangan untuk setiap sukunya. Generalizing terlihat ketika siswa menemukan pola dengan cara mendaftarkan satu persatu maupun menggunakan tabel, conjecturing saat menemukan rumus umumnya, serta convincing terlihat saat menemukan cara lain untuk membuktikan jawabannya. Berdasarkan hasil wawancara, jawaban siswa diperoleh melalui aktivitas menurus dan mensimulasikan soal dengan menggunakan anggota tubuh.
Unduhan
Referensi
Adelia, V., Susanti, E., Sari, N., & Simarmata, R. H. (2020). Abstraction ability in number patterns problems. Journal of Physics: Conference Series, 1480(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1480/1/012049
Afdilah, I. H., Amelia, T. R., Yuliana, E., & Nur’aini. (2021). Instrumen Gaya Belajar.
Alannasir, W. (2020). Characteristic-Based Development Students Aspect. International Journal of Asian Education, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.18
Aurelia, I., Prihatin, I., & Hartono. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya BelajarPada Materi Spltv Kelas X SMA Karya Sekadau. Jurnal Riset Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA), 1(2), 153–169. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.578
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.
Delima, N., Rahmah, M. A., & Akbar, A. (2018). The Analysis of Students’ Mathematical Thinking based on Their Mathematics Self-Concept. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012104
Hapizah, Tiurma Ade Riana, S., Susanti, E., Simarmata, R. H., & Nurhasanah, F. (2021). Conjecture in Completing Creative Problem-Solving Question as a Part of Development. 513, 673–680. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.180
Herlina, M., & Ihsan, I. R. (2020). Penelitian Pendahuluan mengenai LKPD Model PBL terkait Kemampuan Berpikir Matematis. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(2), 46. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.733
Hwang, G.-J., Wang, S.-Y., & Lai, C.-L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Sciencedirect, 160. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.
Inastuti, I. G. A. S., Subarinah, S., Kurniawan, E., & Amrullah, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pola Bilangan Ditinjau Dari Gaya Belajar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(1), 66–80. https://doi.org/10.29303/griya.v1i1.4
Iswari, I. F., Susanti, E., Hapizah, H., Meryansumayeka, M., & Turidho, A. (2019). Design of problem-solving questions to measure mathematical thinking type abstraction. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012104
Jawad, L. F., Majeed, B. H., & ALRikabi, H. T. S. (2021). The Impact of CATs on Mathematical Thinking and Logical Thinking Among Fourth-Class Scientific Students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(10), 194–211. https://doi.org/10.3991/ijet.v16i10.22515
Lee, E. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(3), 921–934.
Lestari, A. O., Susanti, E., & Hartono, Y. (2022). Pengembangan Digital Worksheet Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2915. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6160
Munawaroh, A. A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Ditinjau dari Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/422
Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari gaya belajar siswa kelas VII. Juni 2021 Journal of Mathematics Education and Application, 1, 202. https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Griya/indexGriya
Pongsakdi, N., Kajamies, A., Veermans, K., Lertola, K., Vauras, M., & Lehtinen, E. (2020). What makes mathematical word problem solving challenging? Exploring the roles of word problem characteristics, text comprehension, and arithmetic skills. ZDM - Mathematics Education, 52(1), 33–44. https://doi.org/10.1007/s11858-019-01118-9
Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–59. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23025
Rosalinda, Arzalega, F., Kamil, R., & Sani, A. (2023). Analisis Menentukan Gaya Belajar Siswa Kelas XII-1 Administrasi Perkantoran dengan Metode Certainty Factor Di SMK Cahaya. Jurnal Bidang Penelitian Informatika, 1(2), 43–50. https://ejournal.kreatifcemerlang.id/index.php/jbpi
Rosidi, A. A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3344
Sakinah, M., & Avip, P. B. (2021). An analysis of students’ mathematical literacy skills assessed from students’ learning style. Journal of Physics: Conference Series, 1882(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1882/1/012075
Sari, W., Nasriadi, A., & Salmina, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa Menyelesaikan Soal Ujian Akhir Semester (UAS) pada Tahun Ajaran 2020 di SMAN 1 Teluk dalam Kabupaten Simeulue. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). https://repository.bbg.ac.id/handle/1333
Sartika, S. N., Sujana, A., & Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 203–209. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702
Sierpinska, A. (2000). On Some Aspects of Students’ Thinking in Linear Algebra. Thinking, 209–210.
Solomon, O. D., Liman, M. A., & Hassan, U. (2023). Effects Of Kinesthetic Learning Strategy On Pupil’s Motivation And Achievement In Numeracy In Nursery Schools In Abuja, Nigeria. 1(1), 171–179.
Susanti, E., Hapizah, H., Meryansumayeka, M., & Irenika, I. (2019). Mathematical thinking of 13 years old students through problem-solving. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012103
Susanti, E., Hendy, A. P. P., Hapizah, Helen, R., & Nurhasanah, F. (2021). Designing Creative Problem-Solving Based Worksheet for Specialization. 513(2019), 688–694. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.182
Susanti, E., Waluya, S. B., & Masrukan. (2020). Analysis of Creative Thinking Ability Based on Self-Regulation in Model Eliciting Activity Learning with Performance Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 208–215. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34021
Tohir, M., Maswar, M., Moh, A., Saiful, S., & Rizki Pradita, D. A. (2020). Prospective teachers’ expectations of students’ mathematical thinking processes in solving problems. European Journal of Educational Research, 9(4), 1735–1748. https://doi.org/10.12973/EU-JER.9.4.1735
Wilujeng, S., & Sudihartinih, E. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa smp ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2), 53–63. https://doi.org/10.26737/jpmi.v6i2.2415
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.