Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru)
DOI:
https://doi.org/10.35706/syji.v5i1.697Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan dilingkup nasional sudah mulai
dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya menggunakan teknologi Augmented
Reality(AR). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi
berbasis augmented reality dengan teknik marker based yang dikemas dalam
bentuk magicbook. Tahapan penelitian menggunakan metode gabungan
pengembangan multimedia Borg & Gall, Sugiyono, Mardika dan Munir dengan
model R&D. Aplikasi yang dikembangkan berjalan pada Operating sistem
Windows 7 dan Windows XP. Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi
augmented reality yaitu openspace3D dan permodelan kerangka manusia 3D
menggunakan 3Ds max. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian diperoleh hasil
bahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan perancangan, dimana fungsi
marker perbesar, perkecil dan animasi berjalan dengan fungsinya, jarak
pendeteksian marker yang baik yaitu berkisar 30-60 cm antara buku dengan
webcam dan cahaya yang baik menggunakan lampu led yaitu 10-20 watt dengan
luas ruangan 5 x 15 meter. Hasil ujicoba menggunakan uji-t berpasangan
terhadap 41 siswa sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi didapat bahwa
aplikasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar.
Downloads
References
Albertus B.I, 2012, Pembelajaran Biologi Mengenai Sistem Rangka,
Speed – Edisi Web – Agustus, 2012.
Anggi Andriyadi, Augmented Reality With ARToolkit Reality Leaves A
Lot To Imagine, Lampung, Augmented Reality Team, 2011.
Anom Try Putranto, Visualisasi 3 Dimensi Struktur Rangka Pada
Manusia, Jakarta, Fakuktas Sains dan Teknologi Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah, 2011.
Aunur R. Mulyanto, Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 1 untuk SMK,
Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat
Jenderal Management Pendididak Dasar dan Menengah Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Aunur R. Mulyanto, Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak Jilid 2 Untuk
SMK, Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Direktorat Jenderal Management Pendididak Dasar dan Menengah
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Asti Nurhayati, I Ketut Eddy Purnama, Ahmad Zaini, Analisis Pengujian
Perangkat Lunak Augmented Reality, Surabaya, Jurusan Teknik Elektro
Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November,
November-2010.
Borg and Gall, M.Damien and R.Walter, Educational Research, New
York, Longman. 1989.
Darma Putra, Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta, C.V Andi Offset,
Deddy Suhardiman, S.T.G. Kaunang, Rizal Sengkey, Arthur M. Rumagit.
Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga Dimensi) Menggunakan
OpenGL, Jurusan Teknik Elektro-FT-UNSRAT, 2012.
Deni Darmawan, Teknologi Pembelajaran, Bandung, PT Remaja
Rosdakarya, 2011.
Karmilasari & Fina Ayu Arifiyana, Implementation Of Augmented
Reallity Technology For Supporting Interactive Advertising By Using
Google SketchUp And ARMedia, Teknik Informatika Fakultas Teknologi
Industri Universitas Gunadarma, 2012.
Fahreza Fauzi Putra, Juni Nurma Sari & Rahmat Suhatman, 2012,
Aplikasi Pembelajaran Metamorfosis Berbasis Android Augmented
Reality, e-jurnal : Jurnal Teknik Informatika, Vol 1 September 2012.
Asri Indah LN, Aplikasi Digital Learning System Berdasarkan Standart
Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional (studi kasus SMP 4 Negeri
Bandung), Teknik Informatika Unikom Bandung, 2011.
I Wayan Santyasa, Landasan Konseptual Media Pembelajaran (makalah),
Banjar angkan kulungkung : Universitas Pendidikan Ganesha, 2007
Jason I. Thompson, 2005, A Three Dimensional Helmet Mounted
Primary Flight Reference For Paratroopers, Air Force Institute of
Technology, AFIT/GCS/ENG/05-18, 2005.
Jodi Rinaldi, A.M. Rumagit, A.S.M. Lumenta, A.P.R. Wowor,
Perancangan Tutorial Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sam
Ratulangi Berbasis Animasi 3D. Jurusan Teknik Elektro-FT, UNSRAT,
Kurniawan Teguh Martono, Augmented Reality Sebagai Metafora Baru
Dalam Teknologi Interaksi Manusia dan Komputer, Jurnal Sistem
Komputer, vol 1, No.2, 2011.
Mardika,I Nyoman, Pengembangan Multimedia Dalam Pembelajaran
Kosakata Bahas Inggris di SD, 2008.
Online.(http://mardikanyom.tripod.com/Multimedia.pdf - diakses pada
tanggal 18 mei 2013 jam 16.30).
Mas Ali Bahtiar, Sistem Augmented Reality Untuk Animasi Game
Menggunakan Kamera Pada PC”, Jurusan Teknik Telekomunikasi
Politeknik Elektronika Surabaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember,
Savina Melia, Tubuh Manusia Untuk Guru SD. Pusat Pengembangan dan
Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan
Alam (PPPPTKIPA) untuk program bermutu, 2010.
Muchammad Chafied, Rengga Asmara, Taufiqurrahman, Rizky Yuniar
Hakkun, Brosur Interaktif Berbasis Augmented Reality, Teknik
Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi
Sepuluh Nopember, 2010.
Munir (FPMIPA,UPI Bandung), Halimah Badioze Zaman (FTSM, UKM
Malaysia) : Metodologi Pengembangan Multimedia Dalam Pendidikan”
(Studi kasus terhadap proyek: Multimedia in Educational for Literacy
(MEL) University Kebangsaan Malaysia), Diterbitkan dalam Jurnal
Mimbar Pendidikan XXI(2), Universitas Pendidikan Indonesia, 2002.
Tejo Nurseto, 2011, Membuat Media Pembelajaran yang Menarik, Jurnal
Ekonomi dan Pendidikan, Volume 8 Nomor 1, 2012
Ronald T.Azuma, 1997, A Survey of Augmented Reality, Teleoperators
and Virtual Environments 6, 4 (August 1997), 355-385, 1997.
Sharp, V, Computer Education for Teachers: Integrating Technology Into
Classroom Teaching, New York, Mc Graw Hill, 2005.
Aceng Sobana, 2010, Pengenalan Augmented Reality, TI UNJANI, 2010
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung,
Alfabeta, 2009.
Aries Suharso, 2012, Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality, Majalah Ilmiah Solusi Unsika ISSN 141286676