Desain Aplikasi Belajar Membaca Untuk Anak Berbasis Multimedia

Authors

  • Aries Suharso Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbanga Karawang
  • Ade Andri Hendriadi Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbanga Karawang
  • Acep Rahmat Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Singaperbanga Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v2i01.220

Abstract

Abstrak - Pada dasarnya anak usia dini belum saatnya diajarkan membaca karena dapat mempengaruhi perkembangan anak, namun dengan metode yang menyenangkan salah satunya dengan melalui game dapat mengurangi kejenuhan pada saat peroses belajar membaca pada anak usia dini, memperkenalkan huruf dengan aplikasi belajar membaca berbasis multimedia adalah salah satunya. Aplikasi interaktif belajar membaca berbasis multimedia merupakan salah satu metode pembelajaran terkomputerisasi yang dikembangkan untuk mempermudah proses belajar mengajar, Metode ini  sebagai penunjang metode konvensional yang ada salah satunya  metode  flash card. Aplikasi belajar membaca berbasis multimedia ini digunakan sebagai media pembelajaran pra membaca huruf arab dan huruf alphabet dengan nuansa multimedia yang dilengkapi dengan gambar-gambar dan animasi serta audio  diharapkan dapat menarik siswa untuk belajar. Dalam tahapan penelitian ini penulis menggunakan metode rekayasa dengan konsep pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan model klasik waterfall software yaitu analisis , desain, develpment, uji coba dan implmentasi, sementara pada proses pembuatan aplikasi penulis menggunakan perangkat lunak Flash MX 8 dengan bahasa pemrogramannya Action Script. Perangkat lunak grafis yang digunakan adalah Adobe Photoshop.7  dan CorelDraw 12, untuk audio menggunakan perangkat lunak Jet Audio. Aplikasi Interaktif Belajar Membaca Berbasis Multimedia ini,diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar dan meningkatkan minat siswa dalam proses belajar.

 

Kata kunci: Media Belajar Berbasis Multimedia, Game flash carad, Multimedia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyanto,Muammad 2004. Analisa &disain aplikasi multimedia untuk pemasaran. Andi: yogyakarta

Simarmata, janner.,Titin chandra 2007, Grafika komputer.andi offset:yogyakarta.

Vaughan,tay 2004,multimedia Making it work sixth Edition, Andi : yogyakarta.

M. Suyanto 2005. MULTIMEDIA Alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Andi offset: yoyakarta.

Ladjamudin, Al Bahra 2006, REKAYASA PERANGKAT LUNAK, Graha ilmu, yogyakarta .

Sudirman N, A. Tabrani Ruslan, Zainal arifin, Toto fatoni. ILMU PENDIDIKAN, Remaja Rosdakarya offset : Bandung.

Daryanto, Media pembelajaran, Satu Nusa Bandung 2010.

Ariesto Hadi Sutopo, pemerograman flash dengan PHP dan MySQL, Graha ilmu 2007.

Slameto, Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya, Rineka Cipta : jakarta 2010.

Nasution, METODE RESEARCH, Bumi aksara : jakarta 2001

Luluk Isani Kulup, Pembelajaran Membaca Pada Anak Usia Dini, 2008 vol 51

Hadi Sutopo, Multimedia Basis Informasi Masa depan di Indonesia, 2001

http://www.kemdiknas.go.id/laman/PAUD_%28Satuan_Pendidikan%29 (2012, januari 28)

Published

2016-03-02

How to Cite

Suharso, A., Hendriadi, A. A., & Rahmat, A. (2016). Desain Aplikasi Belajar Membaca Untuk Anak Berbasis Multimedia. Syntax : Jurnal Informatika, 2(01). https://doi.org/10.35706/syji.v2i01.220

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

> >>