PENERAPAN PENYIMPANAN DATA OBJEK GAMBAR PADA SISTEM BASIS DATA RELASIONAL (MySQL)
DOI:
https://doi.org/10.35706/syji.v5i1.698Abstract
Abstrak. Dalam penyimpanan data objek gambar dalam database relational metode
penyimpanan dengan menggunakan teks address path data gambar yang disimpan dalam
database dan metode yang menggunakan tipe data blob. Metodologi penelitian yang
digunakan yaitu dengan membandingakan nilai rata-rata data load dari hasil pengujian
software uji dan dianalisis lebih lanjut dengan software staitstik (PSPP) sedangkan untuk
tahapan perancangan software uji menggunakan metode pengembangan perangkat lunak
SDLC (System development Life Cycle) dengan model USDP (Unified Software
Development Process). Software uji dikembangkan pada platform Linux dengan
menggunakan IDE Gambas3 sebagai bahasa pemrogramannya. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini membuktikan metode dengan menggunakan teks address path lebih baik
dibandingkan dengan menggunakan blob dengan perbedaan rata-rata sebesar 0.12
milidetik. Sedangakan metode dengan menggunakan tipe data blob merupakan solusi lain
untuk menyimpan data gambar dalam database secara kompleks.
Downloads
References
Ajid Burad, “Multimedia data”, Seminar Report, Computer Science and
Engineering Indian Institute of Technology, 2006.
Anhar, “Panduan Menguasai PHP & MySQL secara Otodidak”, Jakarta,
mediakita, 2010.
Gambas, http://gambas.sourceforge.net/ akses tanggal 16 Februari 2014.
Janner Simarmata, “ Rekayasa WEB “ , Yogyakarta : ANDI , 2010.
Kan, Stephen H, Metrics and Models in Software Quality Engineering. 2nd ed. Harlow, Addison Wesley, 2002.ISBN : 0-201-72915-6.
Lenzerini, Maurizio. ”Data Integration: A Theoretical Perspective”.Roma :
PODS, 2003.
Marcel, Kratochvil, “The move to store images in the database”,
http://www.oracle.com/technetwork/database/databasetechnologies/multimedia/
learnmore/tech/why-images-in- database-100783.html, diakses 24 Februari
Miftakhul Huda & dkk, “Membuat Aplikasi Database dengan Java, MySQL dan
NetBeans”, Jakarta , Elex Media Komputindo.
Muhammad, Nasir. “Metode Penelitian”, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1998.
ISBN: 9794501735
Nugroho, Adi, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode
USDP (Unified Software Development Process), Yogyakarta, ANDI, 2010.
ISBN : 978-979-29-1503-7.
Oya Klipsiz, “multimedia database”.Yildiz Technical University, Computer
Science Department. Yuldiz Istambul, turki, 2000. Jurnal IEEE 0-7695-07433.
Poppendieck, M dan T. Poppendieck. lean Software Development : an Agile
ToolMkit”. Canada :Addison- Wesley. 2003. ISBN : 0-321-15078-3
Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (edis7). Jakarta, ANDI. 2012.
Sarwosri. Ahmad Hoirul Basri, Joko Prihastomo, Aplikasi Mobile Learning
Organizer Mahasiswa. Seminar Nasional Informatika 2010 UPN “Veteran”
Yogyakarta. 2010. ISSN : 1970-2328.
Shalahudin, M. & Rosa A. S, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat
Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek)”, Penerbit Modula, Bandung,
ISBN : 978-602-8759-13-7.
Software PSPP , http://GNU.PSPP.org/ akses tanggal 10 Maret 2014.
Susanto, Singgih, “Menggunakan SPSS untuk Statistik Parametrik”, Jakarta,
Elex Media Komputindo, 2006.
Suryabarata. S. “Metodologi penelitian”. Jakarta, Raja Grafindo Persada. 2010.
Tim Penyusun, “Kamus Bahasa Indonesia”, Jakarta, Pusat Bahasa, 2008, ISBN
: 978-979-689-779-1.
R.P.Lano “Introduction to Software Engineering”,
http://en.wikibooks.org/wiki/Introduction_to_Software_Engineering
Sugiyono “Statistika untuk Penelitian”, Bandung, Alfabeta, 2013, ISBN : 978-
-8433-10-8
Tian Jiang, dkk, “Design and Implementation of BLOB Data Processing Mechanism based on Struts2 and Hibernate”, International Journal of Advancements in Computing Technology (IJACT), doi:
4156/ijact.vol4.issue14.10, 2012.