Implementasi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3828Abstrak
ABSTRAK
Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah untuk mengetahui Implemensi Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran, yang menekankan prilaku Kognitif, Afektif, Psikomotor. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang sudah dirumuskan. Oleh peneliti dengan menggunakan metode kualitatif. Dengan teknik studi obervasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data yang di cari oleh peneliti. Dengan menggunakan lembar wawancara sebagai alat pengolah data yang berisi pertanyaan tentang perubahan apa yang dirasakan dalam kegiatan implementasi evaluasi partisipatif dalam mengetahui hasil pembelajaran senam lantai roll depan pada siswa SMP Negeri 2 Pebayuran. Setelah data hasil wawancara diperoleh selanjutnya dilakukan analisis. Data kualitatif yang di peroleh dari lapangan, untuk itu perlu di catat secara teliti dan terperinci dengan cara mereduksi data. Tujuan dari reduksi data adalah untuk memberikan gambaran yang jelas tentang data yang diperoleh. Setelah data kualitatif reduksi di sajikan dalam bentuk teks naratif.
Berdasarkan hasil wawancara tentang “Implementai Evaluasi Partisipatif Dalam Mengetahui Hasil Pembelajaran Senam Lantai Roll Depan Pada Siswa SMP Negeri 2 Pebayuran” dengan menekankan prilaku kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran Implemtasi Evalusi Partisipatif dapat meningkatkatkan kompetensi Dasar pembelajaran senam lantai roll depan, social, kognitif, afektif, psikomotor dan minat siswa dalam pembelajaran penjas. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana siswa begitu antusias dalam mengikuti kegiatan senam lantai roll depan di SMP Negeri 2 Pebayuran.
Unduhan
Referensi
Rahayu, E.T. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Rosdiani, D.(2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani danKesehatan, Bandung, Alfabeta, halaman 157-159
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Riskomar,
James C. McDavid dan Laura R.L. Hawthorn, Program Evaluation and Performance Measurement: An Introduction to Practice (California: Sage Publications, 2006)
(Davies and Dart, 2005:8). Ada Tiga Langkah Dasar dalam Menggunakan The Most Significant Change Technique (MSC):
Nurdin, Syafruddin dan Usman, Basyiruddin. 2003. Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press.
Sumber Online.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-21 (3)
- 2020-10-13 (2)
- 2020-09-17 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.