Efektivitas Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19

Penulis

  • Akhmad Fajar Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agus Prasetiyo Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.7028

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di kampus dipaksa berubah secara drastis dari pertemuan tatap muka menjadi pembelajar secara online. Banyak kampus yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran online dipaksa melakukan perkuliahan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online. Kebijakan belajar dari rumah dengan memberlakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom dan google meet untuk tatap muka dan WhatsApp untuk memberikan materi kuliah serta penugasan untuk media belajar daring. Hasil pengujiannya didapatkan bahwa belajar secara daring dengan Zoom dan WhatsApp hanya efektif bagi matakuliah teori dan teori dan praktikum, sedangkan pada matakuliah praktik dan matakuliah lapangan perkuliahan secara online kurang efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewantara, J.A. and Nurgiansah, T.H., 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), pp.367-375.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020).

Pembelajaran Online di Tengah

Pandemi Covid-19. Indonesian

Journal of Educational Science

(IJES), 2(2), 81–89.

https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F.,

Burhan, E., & Agustin, H. (2020).

Corona Virus Disease 2019. Jurnal

Respirologi Indonesia, 40(2), 119–

http://jurnalrespirologi.org/index.php/

jri/article/view/101

Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan

Sebelum Bertanding Dan Percaya

Diri Pada Saat Bertanding Atlet

Pelatda Pengprov Fpti Sumatera

Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54.

https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.1039

Herlina, H., & Suherman, M. (2020).

Potensi Pembelajaran Pendidikan

Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

(Pjok) Di Tengah Pandemi Corona

Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah

Dasar. Tadulako Journal Sport

Sciences And Physical Education,

(1), 1–7.

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.p

hp/PJKR/article/view/16186

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7.

Rifai, M., Santoso, G., &. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Massenger Web Grup Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa 7 SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo. Jurnal Education and Development; Vol 8 No 4 (2020): Vol.8No.4.2020; 303; 2614-6061; 2527-4295; 10.37081/Ed. V8i4.http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2172

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C.

W., Santoso, W. D., Yulianti, M.,

Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L.,

Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A.,

Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum,

M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., &

Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus

Disease 2019: Tinjauan Literatur

Terkini Coronavirus Disease 2019:

Review of Current Literatures. Jurnal

Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–

https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Fajar, A., Prasetiyo, A. ., & Gustiawati, R. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Literasi Olahraga, 2(4), 243–247. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.7028

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama