Efektivitas Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.7028Abstrak
Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran di kampus dipaksa berubah secara drastis dari pertemuan tatap muka menjadi pembelajar secara online. Banyak kampus yang belum memiliki infrastruktur pembelajaran online dipaksa melakukan perkuliahan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring di masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survey menggunakan kuesioner yang dilakukan secara online. Kebijakan belajar dari rumah dengan memberlakukan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Zoom dan google meet untuk tatap muka dan WhatsApp untuk memberikan materi kuliah serta penugasan untuk media belajar daring. Hasil pengujiannya didapatkan bahwa belajar secara daring dengan Zoom dan WhatsApp hanya efektif bagi matakuliah teori dan teori dan praktikum, sedangkan pada matakuliah praktik dan matakuliah lapangan perkuliahan secara online kurang efektif.
Unduhan
Referensi
Dewantara, J.A. and Nurgiansah, T.H., 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), pp.367-375.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020).
Pembelajaran Online di Tengah
Pandemi Covid-19. Indonesian
Journal of Educational Science
(IJES), 2(2), 81–89.
https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.
Handayani, D., Hadi, D. R., Isbaniah, F.,
Burhan, E., & Agustin, H. (2020).
Corona Virus Disease 2019. Jurnal
Respirologi Indonesia, 40(2), 119–
http://jurnalrespirologi.org/index.php/
jri/article/view/101
Hardiyono, B. (2020). Tingkat Kecemasan
Sebelum Bertanding Dan Percaya
Diri Pada Saat Bertanding Atlet
Pelatda Pengprov Fpti Sumatera
Selatan. Kinestetik, 4(1), 47–54.
https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.1039
Herlina, H., & Suherman, M. (2020).
Potensi Pembelajaran Pendidikan
Jasmani Olahraga Dan Kesehatan
(Pjok) Di Tengah Pandemi Corona
Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah
Dasar. Tadulako Journal Sport
Sciences And Physical Education,
(1), 1–7.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.p
hp/PJKR/article/view/16186
Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7.
Rifai, M., Santoso, G., &. S. (2020). Pengembangan Pembelajaran Melalui Media Whatsapp Massenger Web Grup Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Siswa 7 SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo. Jurnal Education and Development; Vol 8 No 4 (2020): Vol.8No.4.2020; 303; 2614-6061; 2527-4295; 10.37081/Ed. V8i4.http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2172
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C.
W., Santoso, W. D., Yulianti, M.,
Sinto, R., Singh, G., Nainggolan, L.,
Nelwan, E. J., Khie, L., Widhani, A.,
Wijaya, E., Wicaksana, B., Maksum,
M., Annisa, F., Jasirwan, O. M., &
Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus
Disease 2019: Tinjauan Literatur
Terkini Coronavirus Disease 2019:
Review of Current Literatures. Jurnal
Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–
https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415
Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.