Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2020-09-17. Baca versi terbaru.

Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi

Penulis

  • Aprillia Krissanthy Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar yang dimiliki antara hubungan kebugaran jasmani terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek atau Populasi penelitian yang digunakan merupakan kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi yang berjumlah 355 orang. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa dengan teknik simple random sampling Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa yang diukur dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang terdiri dari beberapa rangkaian tes, seperti: a) lari 60 meter, b) pull-up60 detik, c) sit-up 60 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 1200 meter, Kemudian konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrument test Grid Concentration Exercises. Pengambilan data pada penelitian ini melalui pemberian tes dan pengukuran melalui survei. Hasil penelitian menunjukkan rhitung = 0,578 ≥ rtabel = 0,433 artinya dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi. Hasil koefisiensi determinan (r2) diperoleh sebesar 33,4% dan sisa dari hasil penghitungan sebesar 66,6% lagi tingkat konsentrasi ditentukan oleh faktor lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. In Rineka Cipta. Rinneka Cipta.

Kushartanti, W. (2013). Kebugaran Jasmani Dan Produktivitas Kerja. Revista Brasileira de Medicina Do Esporte, 19(4), 231–235. https://doi.org/10.1590/S1517-86922013000400001

Mayasari, F. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang. Universitas Tanjung Pura, 1–11.

Purwanto, G., & Ferianto, B. (2018). Perbandingan Tingkat Konsentrasi dan Motivasi Siswa antara Jam Ke 1 dan 2 dengan Jam ke 4 dan 5 dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 403–406. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive

Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta, CV.

Supardi, D. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (V). Prima Ufuk Semesta.

Zulki, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 44–49. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/264

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2020-09-17

Versi

Cara Mengutip

Krissanthy, A., Kurniawan, F., & Resita, C. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923