Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar yang dimiliki antara hubungan kebugaran jasmani terhadap tingkat konsentrasi belajar siswa dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Subjek atau Populasi penelitian yang digunakan merupakan kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi yang berjumlah 355 orang. Sampel penelitian berjumlah 23 siswa dengan teknik simple random sampling Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani siswa yang diukur dengan menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang terdiri dari beberapa rangkaian tes, seperti: a) lari 60 meter, b) pull-up60 detik, c) sit-up 60 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 1200 meter, Kemudian konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrument test Grid Concentration Exercises. Pengambilan data pada penelitian ini melalui pemberian tes dan pengukuran melalui survei. Hasil penelitian menunjukkan rhitung = 0,578 ≥ rtabel = 0,433 artinya dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran jasmani dan tingkat konsentrasi siswa kelas X SMA Negeri 9 Kota Bekasi. Hasil koefisiensi determinan (r2) diperoleh sebesar 33,4% dan sisa dari hasil penghitungan sebesar 66,6% lagi tingkat konsentrasi ditentukan oleh faktor lain.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. In Rineka Cipta. Rinneka Cipta.
Kushartanti, W. (2013). Kebugaran Jasmani Dan Produktivitas Kerja. Revista Brasileira de Medicina Do Esporte, 19(4), 231–235. https://doi.org/10.1590/S1517-86922013000400001
Mayasari, F. (2017). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Ngabang. Universitas Tanjung Pura, 1–11.
Purwanto, G., & Ferianto, B. (2018). Perbandingan Tingkat Konsentrasi dan Motivasi Siswa antara Jam Ke 1 dan 2 dengan Jam ke 4 dan 5 dalam Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(2), 403–406. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Sugiyono, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta, CV.
Supardi, D. (2016). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian (V). Prima Ufuk Semesta.
Zulki, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 44–49. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/264
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-21 (2)
- 2020-09-17 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.