Survei Self Confidence Servis Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli pada Siswa SMPN 2 Jayakerta

Penulis

  • Dimas Ibnu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nana Suryana Nasution Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3960

Abstrak

Penelitinan ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri servis bawah dalam pembelajaran bola voli pada siswa di SMPN 2 Jayakerta Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dan Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Jayakerta Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan Teknik populasi sampling. Sempel penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMPN 2 Jayakerta Kabupaten Karawang yaitu sebanyak 69 siswa yang terdiri dari 41 siswa putra dan 28 putri. Analisis data menggunakan cara deskriptif dengan perhitungan persentase.

Berdasarkan hasl penelitian ini menunjukan kepercayaan diri servis bawah dalam pada pembelajaran bola voli seluruh kelas VIII pada SMPN 2 Jayakerta Kabupaten Karawang untuk siswa putra paling besar pada kategori “tinggi” yaitu sebesar 87,80% (36 siswa), sedangkan tingkat kepercayaan diri siswa putri sebesar pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 89,29% (25 siswa).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Sukintaka. (2004). Teori Pendidikan Jasmani, filosofi Pembelajaran dan Masa Depan. Bandung, Nuansa.

Ateng, Abdul Kadir. (1989). Penganter Asas-asas dan Landasan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jakarta : FPOK IKIP Jakarta

Surobroto, Agus S,. (2004). Diktat Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. FIK : UNY

Armiyah (2011). “Pelaksanaan Pembelajaran Jasmani Olahraga Dan Kesehatanorkes Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sidodawa Kecamatan Patik Raja Kebupaten Banyumas

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.

Gumilar, Candra. 2015. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siswa Kelas XI SMAN 2 Klari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Rahayu, Ega Trisna. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2): hal 61-99

Siswanto, Tedi Purbangkara (2019), “Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Resiprokal pada Pembelajaran Servis Bawah Bola Voli di SMPN 1 Tirtajaya” Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment)

Sri Hapsari, (2005). Bimbingan dan Konseling SMA Untuk Kelas XII. Jakarta : PT Grasindo

Sri Wahyuni. 2010 : Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Jakarta Pusat

Sugihartono, dkk, 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.

Supandi, 2011. Menyiapkan Kesuksesan Anak Anda. Jakarta : PT Gramedia pustaka utama

Thursan Hakim, (2008). Belajar Secara Evektif. Jakarta : Pustaka Pembangunan Swadana Nusantara

Uno, H.B (2016), Teori motivas dan pengukuranya, Jakarta: PT Bumi Aksara

Widy Asih Sulastri.(2011).Upaya Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Bolavoli Mini Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Tamanwinangun Kebumen Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi. FIK-UNY.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-04 — Diperbaharui pada 2021-08-04

Versi

Cara Mengutip

Ibnu, D., Nasution, N. S. ., & Kurniawan, F. (2021). Survei Self Confidence Servis Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli pada Siswa SMPN 2 Jayakerta . Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3960

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama