Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979Abstrak
Abstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar motivasi belajar siswa kelas XII MA
Nurul Huda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Blended Learning
berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XII MA Nurul Huda dengan jumlah responden 38 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode kuesioner dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes
menggunakan angket motivasi belajar. Teknik yang dilakukan dalam pengambilan data pada
penelitian ini menggunakan One-grup Pretest-Postest Design. Hasil penelitian ini diketahui motivasi
belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Blended Learning yang di lihat
dari nilai rata-rata pretest yaitu 184.16 dengan nilai postest yaitu 212.34 nilai ini menunjukan bahwa
tes akhir mengalami peningkatan dari nilai tes awal dan diperkuat oleh nilai uji rata-rata satu pihak
yaitu mendapatkan nilai Thitung 6.010304 dengan Ttabel 2.026 yang artinya Ho ditolak dan H1
diterima.
Kata Kunci: Blended Learning, kebugaran jasmani dan motivasi belajar
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Baidhori, A. (2017). Pembelajaran Pendidikan
Jasmani Berbasis Blended Learning.
Prosiding Seminar Nasional
Profesionalisme Tenaga Profesi
PJOK, 228-236.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-21 (3)
- 2020-10-13 (2)
- 2020-09-17 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.