Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Keterampilan Passing Sepakbola
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.5297Abstrak
Adapun tujuan penelitian ini perumusan masalah diatas yaitu: untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajar Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Passing Sepakbola Pada Siswa Kelas XI IPS 1 di MAN 2 Karawang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 1 kelas dari 10 kelas sebagai populasi di MAN 2 Karawang, sebanyak 30 siswa dibagi dua, 15 orang kelompok treatment dan 15 orang kelompok kontrol. Dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement) memberikan pengaruh terhadap keterampilan teknik dasar passing sepakbola pada siswa kelas XI IPS 1 MAN 2 Karawang. Deskiptif data dari penelitian ini meliputi nilai tertingi, nilai terendah, nilai rata-rata, standar deviasi, standar eror, distribusi, frekuensi, serta histogram dari masing-masing variabel data lengkapnya. Data Pre-Test keterampilan teknik dasar passing dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement division) diperoleh skor terendah 2 poin dan skor tertinggi 6 poin dengan rata – rata 3,93 Data Post-Test keterampilan teknik dasar passing dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement division) diperoleh skor terendah 8 poin dan skor tertinggi 12 poin dengan rata – rata 10.26.
Unduhan
Referensi
Adityatama, F. (2017). Hubungan Power Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki Dan Kekuatan Otot Perut Dengan Ketepatan Menembak Bola. Jurnal Olahraga Juara, 2(2), 82–92. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.37
Adonis Lean Baskara, et al. (2018). Pengaruh Pelatihan Passing Inside Of The Foot dan Outside Of The Foot Terhadap Teknik Passing pada Siswa ekstrakurikuler Sepakbola di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun 2018. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 9(2), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpko.v9i2.15014
Daniel Ngaru Muraya, G. K. (2011). Effects of cooperative learning approach on biology mean achievement scores of secondary school studentsâ€TM in Machakos District, Kenya. Ducational Research and Reviews, 6(11), 726–745. https://doi.org/https://doi.org/10.5897/ERR.9000130
Elvrado Klemen Simanjorang, et al. (2020). Pengembangan Video Tutorial Materi Passing Sepakbola Mata Pelajaran PJOK untuk Kelas X SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 99–107. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/33762
Galang Pakarti Mahardika, D. P. P. (2021). Model Latihan Passing (WP) Permainan Sepakbola untuk Tingkat Pemula Siswa SMA. Sport Science & Education Journal, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.1011
Hasanah Hasanah, et al. (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Latihan Berstruktur Terhadap Hasil Belajar Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 47–54. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.817
Hutajulu, P. T. (2013). Meningkatkan Ketrampilan Teknik Dasar Passing Sepakbola Melalui Pengembangan Model Belajar Permainan Pada Siswa Putra Kelas V SD. Jurnal Olahraga Papua, 1(1), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.31957/jop.v1i1.151
Khinta Sani Rahman, P. P. (2020). Tinjauan Kemampuan Teknik Dasar Sepakbola. Jurnal Patriot, 2(2), 369–379. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/patriot.v2i1.562
Ndadari Ndaru Wigati, et al. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran Fisika Di SMA PGRI 2 Palembang. Prosiding Seminar Nasional, Pendidikan IPA, 72–76. http://conference.unsri.ac.id/index.php/semnasipa/article/view/674
NurIlham Muhammad Sidik, et al. (2021). Pengaruh Latihan Sepakbola Empat Gawang Terhadap Kemampuan Passing Stopping Sepakbola Ekstrakurikuler di SMP Islam Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 60–67. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.4434
Putra Budi Kurniawan, et al. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Dan motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Sepakbola. Journal of Physical Education and Sport, 5(1), 32–40. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpes.v5i1.13278
Qorry Armen Gemael, F. K. (2019). Pengaruh Latihan Kelincahan Dengan Intensitas Tinggi dan Intensitas Sedang Terhadap Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepakbola. Jurnal Competitor, 11(3), 155–161. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/com.v11i3.13403
Rina Dyah Rahmawati, A. M. (2014). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif STAD dan TAI Ditinjau dari Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasi, 2(1), 102–115. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2648
Samuel Surantha Ginting, et al. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Control, Heading dan Passing Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMP Negeri 13 Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 118–124. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8820
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Metode Penelitian. Alfabeta.
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.