Implementasi Model Peer Teaching Dalam Pembelajaran Bulutangkis di Kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.5517Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi model peer teaching dalam pembelajaran bulutangkis di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mendeskripsikan implementasi model peer teaching dalam pembelajaran bulutangkis di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, yang menggambarkan bagaimana proses dan hasil impelementasi model peer tecahing dalam pembelajaran bulutangkis di SMP Negeri 4 Purwadadi, subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru Pendidikan jasmani, 1 siswa tutor dan 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode dan Teknik analisis data yang digunakan pada skripsi ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian yang di dapatkan menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model peer teaching sudah berjalan cukup baik dan hasil dari pembelajarannya menggunakan model peer teaching dalam aspek penguasaan materi, sikap dan kemampuan praktik sudah cukup baik terlihat dari perubahan yang terjadi pada siswa maupun siswi di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi.
Unduhan
Referensi
Abduloh. (2020). Pembelajaran Berbasis Karaktek Nilai. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 6 No.2.
Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Z. dan Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satunusa.
Depdiknas. (2003). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta : Balitbang Depdiknas.
Eka Putri, T., Kurniawan, F., & Hadi Wijaya, H. (2021). Pengaruh Alat Bantu Media Terhadap Keterampilan Hasil Lay Up Shoot Pada Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Sukatani: Media anti-media Tool, basketball lay up shoot skills. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 142–150. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4875
Febianti, Yopi. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 2 No.2.
Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979
Gustiawati, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Implementasi Evaluasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Multi Kreasindo.
Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940
Menengah Pertama Negeri 1 Sidodawa Kecamatan Patik Raja Kebupaten Banyumas
B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.
Candra Gumilar. 2015. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siswa Kelas XI SMAN 2 Klari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.
Ega Trisna Rahayu. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2): hal 61-99
Eri Akhid Hermawan (2001).“Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehtan Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Kulon Progo.
Hamzah B. Uno. 2008. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Huesdarta & Yudha M. Saputra. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Martin, Yamin. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Pesada Press
Nana Sudjana. (2002). Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Resty Gustiawati. 2015. Evaluasi Pendidikan Jasmani.(1): hal.37-73
Rusli Lutan. (2001). Asas-Asas Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dirjen Olahraga : Depdiknas.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sumardi Suryabrata. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali 80
Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfa Beta
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.