Implementasi Model Peer Teaching Dalam Pembelajaran Bulutangkis di Kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi

Penulis

  • Ageng Fahrurozi Sopandi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abduloh Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Salam Hidayat Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.5517

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan impelementasi model peer teaching dalam pembelajaran bulutangkis di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi. Permasalahan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana mendeskripsikan implementasi model peer teaching dalam pembelajaran bulutangkis di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, yang menggambarkan bagaimana proses dan hasil impelementasi model peer tecahing dalam pembelajaran bulutangkis di SMP Negeri 4 Purwadadi, subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru Pendidikan jasmani, 1 siswa tutor dan 3 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode dan Teknik analisis data yang digunakan pada skripsi ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian yang di dapatkan menunjukan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model peer teaching sudah berjalan cukup baik dan hasil dari pembelajarannya menggunakan model peer teaching dalam aspek penguasaan materi, sikap dan kemampuan praktik sudah cukup baik terlihat dari perubahan yang terjadi pada siswa maupun siswi di kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abduloh. (2020). Pembelajaran Berbasis Karaktek Nilai. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, Vol. 6 No.2.

Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Z. dan Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satunusa.

Depdiknas. (2003). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.Jakarta : Balitbang Depdiknas.

Eka Putri, T., Kurniawan, F., & Hadi Wijaya, H. (2021). Pengaruh Alat Bantu Media Terhadap Keterampilan Hasil Lay Up Shoot Pada Ekstrakurikuler Bola Basket SMA Negeri 1 Sukatani: Media anti-media Tool, basketball lay up shoot skills. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 142–150. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.4875

Febianti, Yopi. (2014). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran Untuk Melatih Siswa Mengajar. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol. 2 No.2.

Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Gustiawati, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (Implementasi Evaluasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan). Bandung: Multi Kreasindo.

Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940

Menengah Pertama Negeri 1 Sidodawa Kecamatan Patik Raja Kebupaten Banyumas

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Putra.

Candra Gumilar. 2015. Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Bola Tangan Siswa Kelas XI SMAN 2 Klari. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Singaperbangsa Karawang.

Ega Trisna Rahayu. 2016. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2): hal 61-99

Eri Akhid Hermawan (2001).“Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehtan Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Kulon Progo.

Hamzah B. Uno. 2008. (2011). Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huesdarta & Yudha M. Saputra. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Martin, Yamin. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Ciputat: Gaung Pesada Press

Nana Sudjana. (2002). Penilaian HasilProses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Resty Gustiawati. 2015. Evaluasi Pendidikan Jasmani.(1): hal.37-73

Rusli Lutan. (2001). Asas-Asas Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Dirjen Olahraga : Depdiknas.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sumardi Suryabrata. (1983). Metodologi Penelitian. Jakarta : CV. Rajawali 80

Syaiful Sagala. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : CV. Alfa Beta

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Fahrurozi Sopandi, A. ., Abduloh, & Salam Hidayat, A. (2021). Implementasi Model Peer Teaching Dalam Pembelajaran Bulutangkis di Kelas IX SMP Negeri 4 Purwadadi. Jurnal Literasi Olahraga, 2(4), 221–226. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.5517

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama