Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kerja Sama Siswa Dalam Pendidikan Jasmani di SMP Islam Bani Ahmad Cilamaya

Penulis

  • Rizky Maulana Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Muhammad Mury Syafei Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Citra Resita Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.5332

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap kerja sama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani di SMP Islam Bani Ahmad Cilamaya. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Bani Ahmad Cilamaya dengan mengambil 2 kelas sebagai sampel penelitian, kelas VIII A dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B dengan jumlah siswa 26 sebagai kelas kontrol dari jumlah 52 seluruh siwa kelas VIII. Penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pretest, treatment dan posttest. Pretest dilakukan dikedua kelas sampel untuk mengetahui kemampuan atau hasil awal kerja sama siswa sebelum diberikan treatment. Selanjutnya peneliti melakukan posttest dikelas eksperimen dan kelas control. Adakah pengaruh kerja sama siswa setelah menggunakan pembelajaran permainan tradisional dikelas eksperimen. Kemudian Analysis of Covarian (ANCOVA) digunakan dalam menganalisis data. Setelah penelitian dilakukan dan hasil telah dianalisis membuktikan bahwa permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani memberikan pengaruh terhadap kerja sama siswa dengan penjabaran sebagai berikut: 1) Penerapan permainan tradisional dalam pembelajaran pendidikan jasmani memberikan pengaruh terhadap kerja sama siswa. 2) Penerapan model konvensional dalam pembelajaran pendidikan jasmani berpengaruh terhadap kerja sama siswa. 3) Penerapan permainan tradisional menunjukan pengaruh yang lebih signifikan dari model konvensional dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kerja sama siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Azis, et al. (2020). Survei Penggunaan Media Pembelajaran Ladder Drill Dalam Pembelajaran Lari Jarak Pendek. Jurnal Competitor, 12(2), 67–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13987

Abdul Narlan, et al. (2020). Permainan Tradisional Elengan Meningkatkan Kecepatan Underwater Renang Gaya Kupu-kupu. Riyadhoh: Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 43–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/rjpo.v3i1.3125

Aprillia, et al. (2020). Hubungan Kebugaran Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Siswa di SMAN 9 Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 77–81. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3923

Cici Ratna Sari, et al. (2019). Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 416–424. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.225

Fadlillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Rus Media.

Gery, et al. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Hanief, Y. N. (2015). Membentuk gerak dasar pada Siswa Sekolah dasar melalui Permainan tradisional. Jurnal SPORTIF, 1(1), 60–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575

Hapidin, Y. (2016). Pengembangan Model Permainan Tradisional Dalam Membangun Karakter Anak Usia Dini. JPUD -Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 201–212. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jpud.102.01

Ishak, M. (2015). Latihan olahraga dalam permainan tradisional. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 14(2), 42–48. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jik.v14i2.6113

Kasanudin Kasan, et al. (2020). Small Side Games Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 2 Cilamaya Kulon. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3940

Maksum., A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Putri Maryana Devi, R. W. P. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama melalui Permainan Pipa Bocor pada Kelompok B RA Darus Sa’adah Kudus Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 85–97. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1867

Putri, R. A. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Aktifitas Jasmani untuk Membentuk Karakter Melalui Kolaboratif Permainan Tradisional bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani,Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 7(3), 126–130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/36490

Rukiyati, et al. (2014). Penanaman Nilai Tanggung Jawab dan Kerja Sama Terintegrasi dalam Perkuliahan Ilmu Pendidikan. Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2797

Silvy Dwi Yulianti, et al. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Pada Kurikulum 2013. JurnalTeori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um022v1i12016p033

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Maulana, R., Mury Syafei, M. ., & Resita, C. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Kerja Sama Siswa Dalam Pendidikan Jasmani di SMP Islam Bani Ahmad Cilamaya. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 135–141. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i2.5332

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2