Pembelajaran Outdoor Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMPN 1 Cikarang Utara
DOI:
https://doi.org/10.35706/jlo.v2i4.6752Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Karakter di SMPN 1 Cikarang Utara. Permasalahan Penelitian Ini Adalah Bagaimana Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Sikap Toleransi Di SMP 1 Cikarang Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana Bagaimana Pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani Dalam Membentuk Sikap Toleransi di SMP 1 Cikarang Utara, subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa, 1 guru penjas,. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran Outdoor Education Pendidikan Jasmani dapat membentuk sikap toleransi, serta banya sikap yang terbentuk setelah melakukan pembelajaran Outdoor.
Unduhan
Referensi
Alwi. Hasan, (2002), Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta, Balai Pustaka.
Atmaja, I. M. D. (2020). Membangun
Toleransi Melalui Pendidikan
Multikultural. In Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 8,
Issue 1, pp. 35–46).
https://ejournal.undiksha.ac.id/inde
x.php/JJPP/article/view/23548/143
Ayu Suciartini, N. N. (2017). Urgensi
Pendidikan Toleransi Dalam Wajah
Pembelajaran Sebagai Upaya
Meningkatkan Kualitas Pendidikan.
Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 12.
https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.8
Husdarta. (2000). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdikbud.
Ibnu, D., Nasution, N. S., & Kurniawan, F. (2021). Survei Self Confidence Servis Bawah dalam Pembelajaran Bola Voli pada Siswa SMPN 2 Jayakerta. Jurnal Literasi Olahraga, 2(1), 28–37. https://doi.org/10.35706/jlo.v2i1.3960
Komarudin, . (2015). Upaya Guru Pendidikan Jasmani untukMeningkatkan Minat Siswa Putri dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia; Vol 1, No 1 (2004): JPJI ; 2581-2300 ; 0216-1699. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/2846
Mawarti, S. (2017). Nilai-nilai pendidikan toleransi dalam pembelajaran agama islam. Toleransi: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama; Vol 9, No 1 (2017): Januari - Juni; 70-90 ; 2407-1595 ; 2086-0315. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/toleransi/article/view/4324
Rahayu, D. W., & Fitriyah, F. K. (2020).
Pengaruh Sikap Toleransi terhadap
Perilaku Agresif pada Siswa Sekolah
Dasar di Kota Surabaya. Jurnal
Konseling Gusjigang, 6(2), 69–79.
Resty Gustiawati. (2015), Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Bandung, Multi Kreasindo. Hal. 159.
Saepudin, S. (2017). Pengaruh Lingkungan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. ADMINISTRASI Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana; Vol 2, No 2 (2014); 153-160; 2355-1178. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/article/view/205
Trisnata, P. A., Hanief, Y. N., & Bekti, R. A. (2021). Studi Hasil Tes Kebugaran Jasmani Siswa Kelas Atas di Sekolah Dasar Negeri 03 Talang Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.4047 (Original work published 17 September 2020)
Paturusi, A. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: PT. Asri Mahasatya.
Zubaedi, (2011), Desain Pendidikan Karakter. Jakarta, Kencana Prenada Media
##submission.additionalFiles##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Literasi Olahraga
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.