PENGUKURAN EFEK ADOPSI TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP KEPUASAN BELAJAR DARING DAN PARTISIPASI GREEN CAMPUS DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.35261/barometer.v7i1.5649Abstrak
Pandemi COVID-19 telah mengubah system konvensional diberbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Penyebaran virus COVID-19, membuat pekuliahan harus bertransformasi dari luring menjadi daring. Disisi positifnya, system pembelajaran daring mendukung kampus dalam mengimplementasi program ramah lingkungan sebagai bagian dari green campus. Kuliah daring mampu menekan penggunaan energi dikampus seperti listrik, air, dan pendingin ruangan. Seperti yang telah diketahui, Green Campus menjadi urgensi pendidikan saat ini untuk meminimalisir dampak perubaan iklim dan penggunaan energi yang berlebih. Namun perubahan system secara tiba-tiba, membuat pihak pelaku pendidikan terutama mahasiswa tidak siap baik dari sisi psikologis, fisik, maupun fasilitas. Terutama di fakultas Teknik yang memiliki kurikulum praktikum di laboratorium. Oleh karena itu, tingkat adopsi teknologi mahasiswa menjadi penentu keberhasilan kuliah daring dan membantu meningkatkan implementasi green campus. Keberhasilan pembelajaran atau perkuliahan juga ditunjukkan oleh tingkat kepuasan mahasiswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek adopsi teknologi mahasiswa terhadap tingkat kepuasan-kesuksesan belajar dan seberapa efektif dalam mendukung kegiatan implementasi green campus. Responden berjumlah 254 orang, yang mengisi kuesioner baik online maupun offline.
Unduhan
Referensi
Dagiliūtė, R., Liobikienė, G., & Minelgaitė, A. Sustainability at universities: Students’ perceptions from Green and Non-Green universities. Journal of Cleaner Production, 181, 473–482. 2018.
Fachrudin, H. T., Fachrudin, K. A., & Utami, W. Education Activities to Realize Green Campus. Asian Social Science, 15(8). 2019.
Filho, W. L., & Silva, F. F. Towards Green Campus Operations Energy, Climate and Sustainable Development: Initiatives at Universities Series SUSTAINABLE DEVELOPMENT FROM THE PERSPECTIVE OF ECO-EFFICIENCY INDICATORS, View project Call for papers: 21st century skills, individual compete. 587–604. 2018.
Kang, L., & Xu, L. Creating sustainable universities: organizational pathways of transformation. European Journal of Sustainable Development, 7(4), 339-339. 2018.
Lee, D.Y. and Lehto, M.R. “User acceptance of YouTube for procedural learning: an extension of the technology acceptance model”, Computers and Education, Vol. 61 No. 1, pp. 193-208. 2013.
Nur, S., Mohd, A., Loong, L. K., & Naamandadin, N. A. An Insight of Challenges in Implementing Green Campus : A Case Study of Universiti Malaysia Perlis. Journal of Advanced Research in Engineering Knowledge, 1(1), 34–40. 2019.
Martzoukou, K., Fulton, C., Kostagiolas, P., & Lavranos, C. A study of higher education students' self-perceived digital competences for learning and everyday life online participation. Journal of documentation. 2020.
Singh, A., Sharma, S., & Paliwal, M. Adoption intention and effectiveness of digital collaboration platforms for online learning: the Indian students’ perspective. Interactive Technology and Smart Education. 2020.
Tiyarattanachai, R., & Hollmann, N. M. Green Campus initiative and its impacts on quality of life of stakeholders in Green and Non-Green Campus universities. SpringerPlus, 5(1), 1–17. 2016.
Abidin, A. A., Wahyudin, W., Astuti, F., & Nugraha, B. ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO UNILEVER SERTA MEMBANDINGKAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN RETAIL DI KABUPATEN KARAWANG. Barometer, 6(1), 313-321. 2021.
Hair Jr, J.F., Black, William C., Babin, Barry J., Anderson Rolph E. Multivariate Data Analysis (7th Edition). New York: Prentice Hall. 2009