ANALISIS STRATEGI BERSAING DAN PERPINDAHAN KONSUMEN FRIED CHICKEN DENGAN METODE GAME THEORY DAN MARKOV CHAIN
DOI:
https://doi.org/10.35261/barometer.v8i2.8581Abstrak
Strategi persaingan perlu dilakukan untuk mempertahankan konsumen. Dengan studi kasus pada outlet X fried chicken dan Y fried chicken memiliki permasalahan dalam mempertahankan konsumen, sehingga perlu adanya strategi untuk persaingan dan analisa peluang perpindahan konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner dan studi literatur. Untuk menyelesaikan studi kasus pada outlet X fried chicken dan Y fried chicken dilakukan dengan metode Game Theory untuk pemilihan strategi yang optimal dalam memenangkan persaingan dan metode Markov Chain untuk menganalisis peluang perpindahan konsumen. Hasil pengolahan menggunakan metode game theory, kedua pemain yaitu outlet X fried chicken dan Y fried chicken memiliki nilai yang sama, maka dari itu kedua pemain memiliki strategi yang murni, dimana X fried chicken menggunakan strategi dari segi rasa dan Y fried chicken menggunakan strategi dari segi harga. Dengan metode Markov Chain terjadi penurunan perpindahan konsumen X fried chicken dari periode 0 (periode sekarang) hingga periode 5 (periode bulan ke-5) mulai dari 89,7% sampai menjadi 37,3% dan terjadi pertambahan perpindahan konsumen Y fried chicken dari periode 0 (periode sekarang) hingga periode 5 (periode bulan ke-5) mulai dari 10,3% sampai menjadi 62,7%.
Unduhan
Referensi
S. R. P. S. Muhammad Aliwafa, “Peramalan Strategi Pelanggan serta Perpindahan Pelanggan Indomaret dan Alfamart dengan Metode Game Theory dan Markov Chain,” Serambi Engineering, vol. VI, no. 4, pp. 2236 - 2247, 2021.
E. S. d. Suharini, “STRATEGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA CALIFORNIA FRIED CHICKEN (CFC) CBD CILEDUG,” Jurnal Ilmiah WIDYA, pp. 1-6, 2019.
U. S. d. K. Budi Susila, “ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP BRAND SWITCHING BEHAVIOR MINUMAN TEH DALAM KEMASAN,” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, pp. 193-201, 2014.
R. P. S. A. S. Muhamad Ridwan, “Analisis Strategi Bersaing Merek Mie Instan Menggunakan Teknik Markov Chain Dan Game Theory (Studi Kasus Mie I Vs Mie S),” Jurnal SIstem Teknik Industri (JSTI), vol. 23, no. 2, p. 132 – 145, 2021.
A. Matsumoto dan F. Szidarovszky, Game Theory and Its Applications, Tokyo: Springer, 2016.
J. Supranto, Teknik Pengambilan Keputusan, Jakarta: Rineka Cipta, 1988.
P. Siagian, Penelitian Operasional : Teori dan Praktek, Jakarta: Universitas Indonesia Press, 1987.
M. B. A. d. R. P. S. Muhamad Taufiq Rachmat, “ANALISA PERBANDINGAN PERPINDAHAN NASABAH DAN STRATEGI BERSAING PADA BANK,” Jurnal INTECH Teknik Industri, vol. 8, no. 1, pp. 29-34, 2022.
J. Kusanti dan T. I. Tjendrowasono, “Metode Markov Chain untuk Prediksi Probig Terhadap Kinerja Promotor pada Penjualan Oppo,” Jurnal Infotekmesin, vol. XI, pp. 68-73, 2020.
B. Render dan J. Heizer, Manajemen Operasi, 7th penyunt., Jakarta: Salemba Empat, 2006.
D. S. d. E. P. W. Winda Ayu Lestari, “ANALISIS PANGSA PASAR DETERGEN BUBUK DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA MEREK YANG MEMILIKI PANGSA PASAR TERKECIL DENGAN METODE MARKOV CHAIN DAN SWOT DI WILAYAH SURABAYA TIMUR,” Tekmapro: Journal of Industrial Engineering and Management, vol. 14, no. 2, pp. 1-12, 2019.
A. S. A. A. R. N. Rianita Puspa Sari, “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perpindahan Merek Pelanggan Restoran Cepat Saji di Karawang Menggunakan Metode Markov Chains dan Game Theory,” Journal of Industrial Engineering and Management Systems, vol. 12, no. 1, pp. 11-17, 2019.
W. W. d. T. Zakiyah, “Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Grab dan Go-Jek di Kabupaten Kebumen,” dalam PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, Semarang, 2020.
F. N. d. N. Hamim, “Analisis Perpindahan Penggunaan Merek Handphone Dikalangan Mahasiswa dengan Rantai Markov (Studi Kasus Pada Mahasiswa UMMU Ternate Tahun 2017),” Jurnal BIOSAINSTEK, vol. 3, no. 1, p. 20–31, 2021.
W. W. F. A. d. B. N. Aldo Almayda Abidin, “ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO UNILEVER SERTA MEMBANDINGKAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN RETAIL DI KABUPATEN KARAWANG,” Barometer, vol. 6, no. 1, pp. 313-321, 2021.