Usulan Perbaikan Instruksi Kerja dan Alat Bantu Berdasarkan Set-up Process Reengineering pada Mesin KBA di Perum Peruri

Authors

  • Zidane Khulud Kautsar Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Winarno Winarno Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Asep Erik Nugraha Program Studi Teknik Industri, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35261/gijtsi.v3i01.6546

Abstract

Perum Peruri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercaya oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mencetak uang kertas dan uang logam rupiah. Dalam proses produksinya, ketika akan melakukan proses set-up atau pergantian pecahan uang rupiah, terdapat suatu masalah pada mesin Koenig & Bauer (KBA) yang mengakibatkan proses set-up memakan waktu yang lama. Hal ini menyebabkan terjadinya breakdown time hingga 141 menit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi waktu set-up pada mesin tersebut dengan merancang instruksi kerja dan alat bantu berdasarkan process reengineering. Sebelum menerapkan process reengineering, penelitian ini diawali dengan mengidentifikasi kondisi awal pada proses set-up, yaitu meliputi fasilitas, sumber daya manusia (SDM), metode, dan lingkungan. Selanjutnya dilakukan process reengineering melalui tiga tahapan, yaitu rethink, redesign, dan retool. Berdasarkan penerapan process reengineering tersebut, perlu dirancang dan diusulkan perbaikan instruksi kerja dan pembuatan alat bantu dalam melakukan set-up. Hasil akhir dari penerapan process reengineering ini, durasi proses set-up terjadi penurunan dari 141 menit menjadi 52 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Wimpertiwi, A. H. Sasongko, and A. Kurniawan, “Konsep Business Process Reengineering untuk Memperbaiki Kinerja Bisnis Menjadi Lebih Baik: Studi Kasus Perusahaan Susu Kedelai ‘XYZ,’” Binus Bus. Rev., vol. 5, no. 2, pp. 658–668, 2014.

M. N. Nasution, “Rekayasa Ulang Proses Bisnis (Business Process Reengineering) untuk Mencapai Simplifying the Airlines Business,” J. Penelit. Perhub. Udar., vol. 36, no. 3, pp. 243–252, 2010.

Qurtubi, “Integrasi Balanced Scorecard dan Process Based Framework untuk Rekayasa Ulang Proses Bisnis,” in Prosiding Seminar Nasional IENACO – 2014, 2014, pp. 185–192.

H. Abubakar, “Model Transformasi Organisasi Usaha Perjalanan Wisata Provinsi Sulawesi Selatan,” J. Ris. Ed. XIX, vol. 3, no. 008, pp. 1–15, 2017.

A. Tathagati, Step by step membuat SOP Standard Operating Procedure. Yogyakarta: Efata Publishing, 2013.

W. Mizarvi, M. Kurniawati, and R. Rispianda, “Perancangan Instruksi Kerja Dokumen dan Visual pada Mesin Electrical Discharge Machine,” J. Ind. Eng. Manag., vol. 2, no. 2, pp. 14–22, 2017.

H. Abubakar, Transformasi Bisnis dan Kinerja Usaha. Banyumas: Pena Persada, 2021.

Y. Rusmawati, L. N. Azizah, and E. F. Najiah, Total Quality Management. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

B. A. Wardhana, D. Pujotomo, and S. N. W. Pramono, “Usulan Perbaikan Proses Bisnis dengan Konsep Business Process Reengineering (Studi Kasus : Permata Guest House),” J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 59–72, 2013, doi: 10.12777/jati.8.1.59-72.

F. H. Putra and T. Ratmanto, “Analisis Semiotika Logo Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri ),” Pros. Hub. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 515–522, 2016.

W. Nugraheni, “Identifikasi Critical Success Factors Pengelolaan Distribusi Retail Energi Listrik di PLN Unit Layanan Salatiga,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018.

T. Raudy, “Analisis Critical Success Factor untuk Implementasi Digital Bisnis di Indonesia (Studi Kasus: Online Travel Agency),” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2018.

A. T. Soemohadiwidjojo, Key Performance Indicator untuk Perusahaan Jasa. Jakarta: Raih Asa Sukses, 2017.

A. S. Budiarto, KPI; Key Performance Indicator. Depok: Huta Publisher, 2017.

H. Syafarani, “Analisis Key Performance Indicator (KPI) Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada PT. Pertamina (Persero) RU II Dumai),” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau, 2020.

Published

2022-05-31

How to Cite

[1]
Z. Khulud Kautsar, W. Winarno, and A. E. Nugraha, “Usulan Perbaikan Instruksi Kerja dan Alat Bantu Berdasarkan Set-up Process Reengineering pada Mesin KBA di Perum Peruri”, GIJTSI, vol. 3, no. 01, pp. 59–73, May 2022.