Hubungan Tingkat Pengetahuan, Sikap dengan Perilaku Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Metode IVA pada Wanita Usia Subur di Dusun Tempuran

Main Article Content

Sri Rahayu

Abstract

Kanker leher rahim adalah salah satu keganasan yang terjadi di daerah leher rahim. Dewasa ini, telah dikenal beberapa metode skrining dan deteksi dini kanker leher rahim salah satunya adalah metode IVA. IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku deteksi dini kanker leher rahim metode IVA pada wanita usia subur (WUS) di Dusun Tempuran 03 rt 08/03 Desa Tempuran Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Tahun 2017. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode descriptif analitic dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil adalah WUS yang memiliki hubungan seksual aktif dan berdomisili di Dusun Tempuran 03 rt 08/03 Desa Tempuran Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang Tahun 2017 berjumlah sebanyak 102 responden. Sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 81 responden dan menggunakan analisa univariat dan bivariat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh dari 81 responden yang diteliti, terdapat 64,2% melakukan deteksi dini kanker servik metode IVA, sebanyak 64,2% memiliki tingkat pengetahuan yang baik, dan sebanyak 65,4% memiliki sikap baik. Berdasarkan hasil analisa bivariat didapatkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan nilai p=0,000 (p < 0,05), sikap nilai p= 0,000 (p < 0,05) dengan perilaku deteksi dini kanker leher rahim metode IVA.


Kata Kunci :Tingkat Pengetahuan, Sikap, Prilaku, Kanker Leher Rahim, IVA

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Artikel

References

Rasjidi, Emilia et all. (2010). Penggunaan vaksinasi Human Papilloma Virus (HPV). Diakses pada: www.depkes.go.id

Delia, Wijaya. (2010). Laporan konsultasi IVA menurut WHO. Jakarta: Gramedia.

Eka, Arsita. (2010). Teori sikap dan perilaku. Diakses kembali oleh http://www.lib.ui.ac.id.

Petty & Cacioppo, (1996) dalam Azwar. (2010). Teori sikap dan perilaku. Diakses kembali oleh http://www.lib.ui.ac.id.

Yuliwati. (2012). faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku wus dalam deteksi dini kanker leher rahim metode iva di wilayah puskesmas prembun kabupaten kebumen tahun 2012.