Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa MA Ghoyatul Jihad Karawang

Penulis

  • Fakhri Fadhlurrahman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Febi Kurniawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v3i3.11119

Abstrak

Coronavirus adalah sesuatu virus yang menular secara cepat membuat seluruh dunia mengalami krisis kesehatan. Serta covid-19 telah mengubah berbagai sektor kehidupan manusia pada saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Dalam sektor pendidikan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Penjas merupakan salah satu pelajaran yang terdampak dari pembelajara daring walaupun pada dasarnya penjas dilakukan secara luring. Tujuan dari peneliti untuk mengetahui bagaimana dampak covid-19 terhadap pemelajaran penjas bagi siswa di satuan pendidikan MA Ghoyatul Jihad Karawang. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan subjek siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian diantaranya siswa dengan cara melakukan wawancara terhadap pelaksanaan pembelajaran penjas selama pandemi COVID-19. Hasil dari penelitian dampak selama pandemi covid 19 ini merubah pelaksanaan pembelajaran penjas MA Ghoyatul Jihad Karawang menjadi pembelajaran daring dan pelaksanaanya sudah berjalan dengan efektif sesuai tujuan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dr. Wijayanto Adi dkk. (2020)Bunga Rampai Strategi Pembelajaran Pendidika Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Selama COVID-19. Tulungagung : Akademi Pustaka

Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5

Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus Lina Handayani. Journal Industrial Engineering & Management Research, 1(2), 15–23.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling , 2 (1), 1-3.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Virus Covid-19. Jurnal Ilmiah pendidikan Biologi , 6 (2), 215.

SE Mendikbud Nomor 4. 2020. Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Desease (Covid- 1 9). Jakarta. Kemendikbud RI

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Ilmiah.

Utama, A. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 8(1)..

World Health Organization. “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) : Situation Report

Zahra et al (2020). The Practice of Effective Classroom Management in COVID-19 Time.International Journal of Advanced Science and Technology, 29(7), 3263-3271. Retrieved from http://sersc.org/journals/index.php/IJAST/article/view/18955.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-07-29

Cara Mengutip

Fadhlurrahman, F., & Kurniawan, F. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa MA Ghoyatul Jihad Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 3(3), 71–75. https://doi.org/10.35706/jlo.v3i3.11119

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama