Tingkat Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi

Penulis

  • Krisno Krisno Universitas singaperbangsa karawang
  • Resty Gustiawati Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rahmat Iqbal Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3893

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pembelajaran teori dikelas yang dikhususkan untuk penjas, dan waktu pembelajaran yang sangat minim sehingga siswa sulit memahami aktivitas pembelajaran penjas yang dilakukan . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, metode yang digunakan adalah survey. Tehnik pengumpulan data berupa angket menggunakan tes soal yang disebar. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi yang berjumlah 37 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Data pada penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dengan presentase.Hasil penelitian menunjukan tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran penjas pada siswa kelas VII di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi secara keseluruhan berada pada kategori Cukup Baik dengan jumlah 19 siswa dan presentase sebesar 51%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji Pramana, E. (2019). survei tingkat kepercayaan diri peserta ekstrakurikuler olahraga di smp negeri se-kecamatan batang, kabupaten batang.

Dinasanti. (2017, agustus 2). Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rasa percaya diri seseorang . Retrieved mei 28, 2020, from dictio.id: https://www.dictio.id/t/faktor-faktor-apa-saja-yang-mempengaruhi-rasa-percaya-diri-seseorang/9064

Farhana Risqi, K. (2020). Tingkat kepercayaan diri, kohesivitas, dan kecerdasan emosi siswa Kelas Khusus Olahraga cabang olahraga sepakbola. indonesian journal of physical education.

Fatchurahman , M., & Pratikto , H. (2012). Kepercayaan Diri, Kematangan Emosi, Pola Asuh Orang Tua Demokratis dan Kenakalan Remaja . September 2012, jurnal.untag-sby Vol. 1, No. 2, hal 77-87 , 79.

Fiorentika, K., Budi Santoso, D., & Maya Simon, I. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp. journal2.um Vol 1, No. 3, 2016, hlm. 104—111, 105.

Gustiawati, R., & Ratri Julianti, R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran. Jurnal Speed Volume 2 no1 /November 2018/ ISSN 2621-6698, 45.

Gustiawati, R. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Solusi Vol.1 No. 3 September - Nopember 2014: 33-40 , 36.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis Dengan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa . e-journal stkipsiliwangi Vol 1, No.1, Februari 2012, 93.

Hendriana, H. (2012). pembelajaraan matematika humanis dengan metaphorical thinking untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa . e-journal stkipsiliwangi Vol 1, No.1, Februari 2012, 93.

Ifdil, A. U. (2016). konsep kepercayaan diri remaja putri. jurnal.iicet.org Volume 2 Nomor 2, 2016, Hlm 43-52 , 44.

Makasar, U. N. (2018, april 8). Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Retrieved mei 29, 2020, from penalaran-unm.org: https://penalaran-unm.org/deskriptif-kuantitatif/

Novtiar , C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Smp Melalui Pendekatan Open Ended . jurnal.unsur Vol. VI, No. 2, Desember 2017 , 121.

Opod , H., Pali , C., & L. Sitepu , D. (2016). Hubungan tingkat kepercayaan diri dengan obesitas pada siswa SMA Negeri 1 Manado . ejournal.unsrat Volume 4, Nomor 1, Januari-Juni 2016, 2.

Psikologi, U. (2018, juli 15). Definisi dan Ciri-ciri Orang yang Memiliki Kepercayaan Diri Menurut Para Ahli. Retrieved mei 28, 2020, from universitaspsikologi.com: https://www.universitaspsikologi.com/2018/07/definisi-dan-ciri-ciri-kepercayaan-diri.html

Rahayu, E. T. (2016). Strategi Pembelajaran Penjas. Bandung: ALFABETA.

Riadi, M. (2015, juli 28). Kepercayaan Diri. Retrieved mei 28, 2020, from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2015/07/kepercayaan-diri.html

Riadi, M. (2015, juli 28). Kepercayaan Diri. Retrieved mei 28, 2020, from kajianpustaka.com: https://www.kajianpustaka.com/2015/07/kepercayaan-diri.html

Rosdiani, D. (2013). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pembelajaran Penjas dan kesehatan. Bandung: ALFABETA.

Sujarweni, v. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PUSTAKABARUPRESS.

Tarmudji, T. (2014). Pengaruh Kepercayaan Diri, Budaya Lokal dan Pendidikan Agama Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 259.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2021-07-25 — Diperbaharui pada 2021-07-25

Versi

Cara Mengutip

Krisno, K., Gustiawati, R., & Iqbal, R. . (2021). Tingkat Kepercayaan Diri Siswa dalam Pembelajaran Penjas Di SMP Asrama Al Fath Kota Bekasi. Jurnal Literasi Olahraga, 1(2). https://doi.org/10.35706/jlo.v1i2.3893

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>