Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam Meningkatkan Informasi Publik

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.3591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan konten Instagram @PLN_Jabar oleh Divisi humas PLN Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Penelitian ini dilaksanakan di kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat yang terletak di Jalan Asia Afrika No.63, Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLN Jawa barat melakukan pengelolaan konten Instagram meliputi 3 aspek. Pertama, aspek informasi meliputi pengelolaan penyampaian informasi tentang perusahaan dan ketenagalistrikan guna transparansi informasi yang valid agar masyarakat lebih mengenal tentang perusahaan. Kedua, aspek komunikasi yakni pihak perusahaan berinteraksi dengan pelanggannya melalui komentar interaktif dan unggahan yang menggugah kepedulian. Ketiga, aspek edukasi dimana perusahaan mencoba meliterasi masyarakat melalui sosialisasi media sosial untuk memperluas wawasan dan melawan hoax guna menciptakan kehidupan berlistrik yang baik dan benar. Keseluruhan aspek tersebut dikemas melalui tahapan perencanaan konten yang terdiri dari pemilihan konten mingguan, perancangan desain, dan penentuan waktu unggahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Aat Ruchiat Nugraha, Universitas Padjadjaran

Prodi Humas Fikom Unpad

References

Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. 2004. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cutlip, M. Scott. et. al. 2006. Effective Public Relations, Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Dailey, Patrick R. 2009. “Social Media: Finding Its Way into Your Businnes Strategy and Culture. Burlington, Linkage”

Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Gunelius, Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies.

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald. 2005. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Jakarta: Grati.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Moelong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Onggo, Bob Julius. 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Media ElexKomputindo (Gramedia Group).

Purnama, Hadi. (2011). Media Sosial Di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.Pp 107-124

Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-12-03

How to Cite

Choerunnisa, S., & Nugraha, A. R. (2020). Pengelolaan Konten Instagram oleh Humas PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat dalam Meningkatkan Informasi Publik. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 1–19. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.3591

Issue

Section

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal