Penggunaan Applikasi Whatsapp dalam Komunikasi Pemimpin di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan WAG “Calon Prof 2025 YAD” oleh Rektor Unsika 2014-2020

Penulis

  • Ana Fitriana P. Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3745

Abstrak

Perkembangan teknologi saat ini sangat mendukung perkembangan terutama di bidang komunikasi. Salah satu bentuk perkembangannya adalah media komunikasi yaitu applikasi whatsaaps, penggunaan whatsaap group sebagai media komunikasi merupakan hal yang mendasar dalam komunikasi yang terjadi di institusi hal ini dikarenakan memudahkan proses komunikasi dari atasan ke bawahan dan sebaliknya. Hal ini juga dilakukan oleh Rektor Universitas Singaperbangsa Karawang yaitu dengan membangun Whatsaaps Group “Calon Prof 2025 YAD” sebagai bentuk komunikasi di era digital yang memiliki pengaruh positif bagi anggota group yang di dominasi oleh para dosen dari berbagai Fakultas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bentuk komunikasi Rektor kepada dosen melalui whatsaaps Group sebagai sarana motivasi dan berbagi informasi. Metode penelitian adalah studi kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan adanya keunikan peristiwa komunikasi dalam percakapan yang terjadi melalui WhatsApp Group yaitu Peran pemimpin tetap diperlukan sebagai figur panutan dalam memotivasi bawahan hal ini dapat dilihat dari pesan-pesan yang disampaikan secara teks di whatsaap Group agar proses interaksi melalui komunikasi antara rector dan dosen dapat terwujud yaitu sesuai dengan nama group menjadi professor di tahun 2025 yang akan datang.

Kata Kunci: Komunikasi Pemimpin, Rektor, Whatsapp Group

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-06-30

Cara Mengutip

P., A. F. (2020). Penggunaan Applikasi Whatsapp dalam Komunikasi Pemimpin di Era Digital: Studi Kasus Penggunaan WAG “Calon Prof 2025 YAD” oleh Rektor Unsika 2014-2020. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(1), 1–15. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i1.3745

Terbitan

Bagian

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal