Representasi Pria Metroseksual pada Iklan OVO-Tokopedia Edisi Playcoy

Authors

  • Wa Ode Sitti Nurhaliza Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi
  • Ratna Puspita Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi
  • Pipit Dwi Lestari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.4555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi pria metroseksual dalam iklan OVO-Tokopedia edisi Playcuy. Tujuan penelitian ini untuk mengeatahui level realitas, level representasi  dana level ideologi pria metroseksual direpresentasikan dalam video iklan OVO-Tokopedia Edisi Playcoy. Dengan menggunakan analisis semiotika John Fiske, peneliti ini mengungkapkan apa yang ingin disampaikan iklan OVO-Tokopedia sedisi Playcuy melalaui tokoh pria metroseksual. Hasil yang diperoleh menunjukkan Level realitas pada representasi pria metroseksual pada iklan OVO-Tokopedia edisi Playcuy. Dalam iklan ini pria metroseksual menonjolkan cara berpakaian trendi yang digambarkan melalui aksesoris yang melengkap di tokoh pria. Realitas yang ditampilkan dalam iklan OVO-Tokopedia edisi Playcoy menggambarkan pria pekerja, sukses, narsis dan percaya diri. Hal ini teridentifikasi dari penampilan, kostum, perilaku hingga gesture serta ekspresi tokoh pria. Selanjutnya, level representasi terdapat dua bagian yakni kode teknis dan representasi konvensional. Kode teknis seperti pengambilan gambar dan lighting. Pengambilan gambar menggunakan teknis close up, medium long shoot dan long shoot. Terkahir, level ideologi dalam iklan OVO-Tokopedia edisi Playcuy merepresntasikan pria metroseksual. Hal ini ditunjukan melalui tampilan yang dibaluti kdoe verbal dan nonverba. Secara iklan ini merepresentasikan pria metroseksual yang konsumnerime, kapitalisme dan narsisme. Ketiga hal tersebut muncul dalam iklan OVO-Tokopedia edisi Playcuy.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-03

How to Cite

Sitti Nurhaliza, W. O., Puspita, R., & Dwi Lestari, P. (2020). Representasi Pria Metroseksual pada Iklan OVO-Tokopedia Edisi Playcoy. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 2(2), 42–57. https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v2i2.4555

Issue

Section

Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal