Pengaruh Website Unsika Terhadap Pemenuhan Informasi Mahasiswa Baru Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Penulis

  • Andri Irawan Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i1.5425

Abstrak

Penggunaan Website Unsika Terhadap Pemenuhan Informasi Mahasiswa Baru Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2019,2020 Universitas Singaperbangsa Karawang). Penelitian ini di latar belakangi oleh banyak keluhan terkait tidak sampainya informasi secara utuh kepada mahasiswa baru tahun 2018 sejak awal pendaftaran hingga perkuliahan sudah berlangsung. Penulis menduga media informasi yang digunakan UNSIKA dalam pemenuhan informasi terhadap mahasiswa baru tidak maksimal.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan website unsika terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi sederhana dengan dukungan dari Teori Uses and Gratification. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019,2020. Teknik pengambilan sampel dengan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa : Terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh penggunaan website unsika terhadap pemenuhan kebutuhan informasi. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya penggunaan website unsika berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan informasi mahasiswa baru dengan persamaan regresi Y = 7,722 + 0,213 maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan website unsika berhubungan secara positif terhadap pemenuhan informasi mahasiswa baru dengan hubungan derajat korelasi tinggi.

 

Kata Kunci: penggunaan website UNSIKA, pemenuhan informasi, mahasiswa program studi ilmu komunikasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-07-30 — Diperbaharui pada 2022-08-06

Versi

Cara Mengutip

Irawan, A. (2022). Pengaruh Website Unsika Terhadap Pemenuhan Informasi Mahasiswa Baru Program Studi S1 Ilmu Komunikasi. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1). https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i1.5425 (Original work published 30 Juli 2022)

Terbitan

Bagian

Artikel