Makna Komunikasi Pengguna Fitur Obrolan Permainan Hago dalam Menemukan Pasangan

Penulis

  • Tantri Puspita Yazid Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Riau, Pekanbaru
  • Heriyanto Tampubolon Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Riau, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i1.6799

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna komunikasi yang diberikan pengguna terhadap orang lain melalui fitur ruang obrolan permainan Hago dalam menemukan pasangan. Akan melihat isi pesan, tindak tutur, episode, hubungan, naskah kehidupan, hingga pola budaya yang terjadi. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta dianalisa dengan teori manajemen makna terkoordinasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu pengguna permainan Hago yang kemudian dipilih berdasarkan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui studi observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan empat pasang informan. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Selain itu, teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat isi pesan, tindak tutur, episode, hubungan, naskah kehidupan oleh pengguna permainan Hago untuk menemukan pasangannya. Terdapat lanjutan ke jenjang yang lebih serius karena telah mempercayai antara satu dengan yang lainnya. Hubungan yang terjalin juga semakin intens antara pasangan karena fitur ruang obrolan tersebut dapat membuat mereka saling berinteraksi. Walaupun terdapat perbedaan budaya mengenai suku bukanlah sebuah permasalahan bagi pasangan serta keluarga pasangan yang ada. Karena bagi mereka rasa cinta dan saling nyaman merupakan kunci utama hubungan yang terjadi.

Kata Kunci: permainan hago, komunikasi, pasangan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-05 — Diperbaharui pada 2022-08-05

Versi

Cara Mengutip

Yazid, T. P., & Tampubolon, H. (2022). Makna Komunikasi Pengguna Fitur Obrolan Permainan Hago dalam Menemukan Pasangan. Journalism, Public Relation and Media Communication Studies Journal (JPRMEDCOM), 4(1). https://doi.org/10.35706/jprmedcom.v4i1.6799

Terbitan

Bagian

Artikel