PERBAIKAN KUALITAS PRODUK GENTONG MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS (Studi Kasus : Home Industry Bapak Ojid)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4444

Abstract

Kualitas merupakan karakteristik atau nilai yang melekat pada suatu produk, kualitas menjadi faktor utama yang diperhatikan oleh konsumen yang mengonsumsi produk tersebut. Pengendalian kualitas dalam sebuah home industry sangat perlu untuk dilakukan mengingat persaingan kualitas produk sangat ketat pada saat ini, dengan meningkatkan kualitas produk home industry, diharapkan dapat bertahan dan terus meningkatkan posisinya di dalam pasar. Upaya pengendalian kualitas dapat dimulai dengan memperbaiki sistem kerja yang sudah ada menjadi lebih baik lagi. Analisis sistem kerja dapat dilakukan dengan metode seven tools, dengan memperhatikan aspek-aspek 5M+1E (man, money, machine, method, material, dan environment) maka kekurangan-kekurangan sistem kerja pada saat ini dapat diketahui dan diperbaiki. Hasil analisis sistem kerja pada produksi gentong tanah liat menunjukkan bahwa cacat produk yang sering terjadi di home industry ini adalah cacat pada saat penyimpanan produk, pada saat pengeringan, dan pada saat pembakaran. Jumlah cacat produk pada sepuluh hari produksi adalah 32 produk dengan persentase kumulatif sebanyak 5% dari total produksi. Setelah dilakukan analisis, maka perbaikan yang  dapat dilakukan meliputi perbaikan manusia, mesin, material, dan metode.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ary B.Y., Muhammad, dan S. Riyadi, Selamet, Proses Produksi Dan Pengendalian Kualitas Produksi Cat Plastic Coating di PT Propan Raya ICC, Jurnal PASTI, Volume IX, 2016, Hal. 193-202.

Fauzi, S., & Siregar, K., Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools dan Fault Tree Analysis, Prosiding SNTI dan SATELIT, 2017, pp. D110-117.

Gaspersz, Vincent., Production Planning And Inventory Control. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001.

Handoko, Andre., Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Pendekatan PDCA dan Seven Tools pada PT. Rosandex Putra Perkasa Di Surabaya, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Volume 6, No.2, 2017.

Heizer dan Render, Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat, 2014.

Idris, I., Sari, R.A., Uthumporn, U., Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools, Jurnal Teknovasi Volume 03, Nomor 1, 2016, Hal. 66-80.

Radianza, Jaka dan Mashabai, Ismi., Analisa Pengendalian Kualitas Produksi dengan Menggunakan Metode Seven Tools Quality di PT. Borsya Cipta Communica, Jurnal Industri & Teknologi Samawa, Volume 1, Februari 2020, Hal.17–21.

Sukendar, Irwan., Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cetak Buku Dengan Menggunakan Seven Tools Pada PT. XYZ, Seminar on Application and Research in Industrial Technology (SMART), 2020.

Tasman, Bayu dan Yulius, Henny., Analisis Pengendalian Kualitas Kantong Semen TIpe Pasted Bag Menggunakan Metode Seven Tools (7QC) Pada PT. Semen Padang. Jurnal Teknologi Volume 6, No. 1, Juni 2016, Hal. 51-63.

Yamit, Zulian, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Ekonisia: Yogyakarta, 2010.

https://kbbi.web.id/gentong, diakses Desember 2020.

Downloads

Published

2021-01-26

How to Cite

Astuti, F., & Wahyudin, W. (2021). PERBAIKAN KUALITAS PRODUK GENTONG MENGGUNAKAN METODE SEVEN TOOLS (Studi Kasus : Home Industry Bapak Ojid). Barometer, 6(1), 307–312. https://doi.org/10.35261/barometer.v6i1.4444

Issue

Section

Artikel