APLIKASI TRIPGO M-COMMERCE PARIWISATA LAMPUNG DENGAN INTEGRASI PORTAL E-COMMERCE

Penulis

  • Kadek Chresna Kharisma University of Lampung
  • Mardiana Mardiana University of Lampung
  • Meizano Ardhi Muhammad University of Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35261/barometer.v4i2.1777

Abstrak

Pariwisata Indonesia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara 20 juta orang pada tahun 2019. Untuk mencapai target tersebut, setiap provinsi diharapkan meningkatkan performa potensi pariwisatanya. Provinsi Lampung merupakan salah satu penyumbang wisatawan domestik dan mancanegara dalam tiga tahun terakhir, tetapi pengembangan Pariwisata Provinsi Lampung belum maksimal. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi Smartphone, dapat dilakukan optimalisasi pengembangan pariwisata melalui promosi pariwisata Lampung kepada masyarakat luas dan dunia. Penelitian ini membangun aplikasi mobile m-Commerce pariwisata dengan integrasi portal e-Commerce menggunakan metode pengembangan Rapid Application Development (RAD). Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi mobile yang menjadi sarana promosi tempat wisata di Provinsi Lampung yang memungkinkan wisatawan dapat langsung mengetahui informasi secara detail tempat wisata beserta souvenir dan chat dengan pengelola tempat wisata. Integrasi portal e-Commerce yang diterapkan di aplikasi dilakukan dengan cara parsing dari website e-Commerce yaitu Bukalapak dan Tokopedia. Aplikasi mobile m-Commerce Pariwisata. Dengan Integrasi Portal e-Commerce telah berhasil dibangun sesuai dengan rencana pembangunan aplikasi berdasarkan pengujian fitur menggunakan Black Box dan aplikasi dapat diterima oleh pengguna berdasarkan hasil User Acceptance Test dengan responden berjumlah 73 orang yang menyatakan nilai baik sebanyak 67%, tidak baik sebanyak 6%, dan sangat baik sebanyak 27%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

BPS Provinsi Lampung, Statistik Daerah Provinsi Lampung 2017, Edisi 1, Bandar Lampung, 2017.

Pemerintah Provinsi Lampung, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Lampung Tahun 2005 - 2025, no. 0721, pp. 2–3, 2007.

APJII, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017, Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pp. 1–39, 2017.

I. Prabowo, A. Setiawan, S. T. Prakoso, Pengembangan Sistem Mobile Journal Berbasis Android untuk Referensi Belajar Mahasiswa di Lingkungan Fakultas Ekonomi UNY, Fak. Pendidik. dan Manajemen, pp. 1–3, 2013.

https://www.statista.com/statistics/262205/market-share-held-by-mobile-operating-systems-in-indonesia/, diakses April 2018.

Noertjahyana, Agustinus, Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak, J. Inform., vol. 3, no. 2, pp. 64–68, 2002.

N. Safitri, Aplikasi Potensi Pariwisata Provinsi Lampung Berbasis Android. Skripsi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung, 2017.

Amplitude, E-Commerce In Indonesia, 2018.

H. M. Abu-dalbouh, A Questionnaire Approach Based on the Technology Acceptance Model for Mobile Tracking on Patient Progress Applications, vol. 9, no. 6, pp. 763–770, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-07-08

Cara Mengutip

Kharisma, K. C., Mardiana, M., & Muhammad, M. A. (2019). APLIKASI TRIPGO M-COMMERCE PARIWISATA LAMPUNG DENGAN INTEGRASI PORTAL E-COMMERCE. BAROMETER, 4(2), 186–191. https://doi.org/10.35261/barometer.v4i2.1777

Terbitan

Bagian

Artikel